WFH Justru Bikin Makan Berlebihan? Ini 4 Cara Ampuh Mencegahnya

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 481 2347941 wfh-justru-bikin-makan-berlebihan-ini-4-cara-ampuh-mencegahnya-1Gz4IlYufI.jpg Ilustrasi makan berlebihan. (Foto: User18526052/Freepik)

WORK from home (WFH) atau bekerja dari rumah ternyata banyak membawa perubahan dalam rutinitas sehari-hari. Salah satu yang paling terlihat jelas adalah pola makan berlebihan.

Bebasnya waktu yang dimiliki terkadang membuat seseorang abai terhadap makanan yang masuk ke tubuh, bahkan terkadang tidak kenal waktu. Hal ini pun membuat makan berlebihan.

Baca juga: Makan Berlebihan dalam Satu Waktu, Berapa Banyak Berat Badan Bertambah? 

Tidak heran jika banyak keluhan yang terdengar di masyarakat adalah terus bertambahnya berat badan selama WFH. Maka itu, diperlukan kontrol diri dalam menyikapinya untuk mencegah kebanyakan makan.

Berikut ini cara ampuh mencegah makan berlebihan selama WFH, seperti dikutip dari laman The Healthy, Rabu (20/1/2021).

Makanan. (Foto: Freepik)

1. Buat jadwal makan

Jangan lagi melewatkan sarapan. The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa energi yang dikeluarkan di pagi hari akan dua kali lebih tinggi daripada waktu lainnya. Selain itu, saat pagi hari tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

Mereka yang makan sarapan lebih sedikit dari makan malam akan merasa kelaparan sepanjang hari. Sempatkan sarapan sebelum bekerja, lalu makan siang 5 jam kemudian, dan terakhir makan malam setelah 3 sampai 4 jam berikutnya. Berikan waktu jeda selama 3 jam juga sebelum akhirnya tidur.

Baca juga: Benarkah Ayam Geprek di Jakarta dan Yogya Berbeda? Ini Jawabannya 

2. Jangan makan selagi bekerja

Patuhilah aturan yang dianjurkan dan jangan tergoda melanggarnya jika tidak ingin makan berlebihan yang bisa meningkatkan berat badan. Penting juga diingat untuk memberikan perhatian penuh saat datangnya jam makan agar lebih bisa menikmatinya sehingga tubuh akan berhenti saat sudah merasa kenyang.

3. Prioritaskan makanan berat

Saat makan makanan ringan, tubuh cenderung tidak bisa berhenti ngemil dan terus menginginkannya. Padahal dalam sebuah penelitian, makanan-makanan tersebut mengandung lebih dari 500 kalori dibandingkan dengan makanan berat yang tidak banyak diolah. Kurangi stok atau membeli makanan ringan dan gantilah dengan yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak.

Baca juga: Deretan Kuliner Favorit Presiden AS, Trump dan Joe Biden Apa Ya? 

4. Temukan alternatif ingin makan

Bekerja seringkali membuat merasa stres dan melampiaskannya pada makan yang berlebihan. Sehingga secara tidak sadar sudah terlalu banyak memasukkan kalori pada tubuh yang bisa berdampak pada melemahnya kekebalan.

Jika datang masa seperti itu, cobalah alihkan ke alternatif lain seperti membaca buku, olahraga, dan lainnya yang disukai. Berada di rumah akan membuat kita lebih fleksibel dan gunakanlah untuk menemukan kebiasaan baru yang sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini