Miliki Banyak Nutrisi, Ini Khasiat Jus Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 20:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 481 2347954 miliki-banyak-nutrisi-ini-khasiat-jus-daun-pepaya-untuk-kesehatan-tubuh-e6eICB5jrR.jpg Daun pepaya. (Foto: Jcomp/Freepik)

BUAH pepaya selama ini dikenal kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kemudian memiliki sifat antibakteri, dan hampir setiap bagian tanaman pepaya bisa dimanfaatkan.

Selain buahnya yang manis dan menyegarkan, bagian tanaman pepaya yang paling banyak dikonsumsi adalah daunnya. Jus daun pepaya dipercaya sebagai obat yang paling sering digunakan untuk meningkatkan jumlah trombosit.

Baca juga: Masak Tumis Daun Pepaya Teri, Suami Makin Cinta Deh 

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, E, K dan B. Jus daun pepaya juga kaya enzim seperti papain serta chymopapain yang membantu mengatasi masalah pencernaan, mencegah kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Dikutip dari Times of India, Rabu (20/1/2021), berikut ini manfaat jus daun pepaya dan cara mudah mengolahnya untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Daun Pepaya (Foto: Thaifreezedry)

1. Membantu menyeimbangkan kadar gula darah

Jus daun pepaya sering digunakan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kadar gula darah. Teh daun pepaya digunakan untuk meringankan gejala pencernaan seperti gas, kembung, serta mulas. Daun pepaya mengandung serat yang menunjang kesehatan pencernaan.

2. Memiliki efek anti-inflamasi

Daun pepaya juga digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan internal dan eksternal, termasuk nyeri otot dan sendi.

Baca juga: 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan, Apa Saja? 

3. Dapat meningkatkan kesehatan kulit

Mengonsumsi daun pepaya dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lembut dan bersih. Ia memiliki enzim papain yang bekerja sebagai exfoliant, membantu menghilangkan debu dan sel kulit mati. Ini juga membantu mengurangi terjadinya pori-pori yang tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, dan jerawat.

Cara Membuat Jus Daun Pepaya:

1. Siapkan daun pepaya segar dan air.

2. Mulailah dengan memotong batangnya.

3. Setelah itu, potong daunnya seperti memotong kubis.

4. Lalu masukkan ke blender dengan sedikit air. Kocok dan minum.

5. Anda bisa menambahkan sedikit garam atau gula untuk membuat jus terasa lebih enak.

Selamat mencoba.

Baca juga: Hati-Hati, Perhatikan Waktu yang Tepat Mengonsumsi Pepaya 

Pepaya. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini