Haruskah Tetap Pakai Masker saat Dihampiri Pelayan di Restoran?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 481 2347990 haruskah-tetap-pakai-masker-saat-dihampiri-pelayan-di-restoran-eqFWsGAnjV.jpg Pakai masker (Foto: One Medical)

Setiap tempat-tempat umum, termasuk restoran semenjak pandemi Covid-19 dimulai sudah mewajibkan para pengunjungnya untuk mengenakan masker.

Dengan peraturan ini, memang faktanya setiap orang yang masuk ke restoran pasti akan memakai masker. Lalu sesampainya di dalam restoran, masker akan dibuka ketika makanan sudah datang dan siap disantap lalu masker kembali dipakai saat hendak meninggalkan area restoran.

 makan di restoran

Tapi bagaimana dengan situasi di antara itu, yakni saat pelayan menghampiri kita untuk melayani pemesanan atau merapikan piring-piring kotor? Apakah kita juga harus tetap memakai masker?

Seperti dijelaskan Kristen Gibson, Associate Professor Keamanan Makanan dan Mikrobiologi di University of Arkansas, jawabannya adalah iya, dalam kondisi tersebut kita wajib menggunakan masker.

“Kita pastinya harus menggunakan masker, ketika staf pelayan datang ke meja kita. Ini adalah pilihan yang paling aman dan baik untuk keduanya,” ujar Kristen, dikutip Huffingtonpost, Rabu (20/1/2021).

Kristen menambahkan, sebagai pekerja esensial, pegawai di tempat makan atau restoran setiap harinya berada di posisi berisiko tinggi ketika pergi ke tempat kerja.

“Siang malam, para pelayan restoran menempatkan kesehatan pribadi mereka dalam risiko saat pergi bekerja. Iya, mereka memang pakai masker yang mana ini membuat kita sebagai pelanggan merasa lega. Tapi untuk berjaga-jaga, kita harus ikut berkontribusi untuk mengurangi risiko penularan, bukan malah menambahkannya,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sendiri dalam pedomannya sudah menginstruksikan setiap orang untuk memakai masker dan menjaga jarak fisik dengan orang lain setidaknya 1,8 meter.

Jadi ketika pelayan datang ke meja, hitungan jarak antara staf pelayan dengan pelanggan itu tidak mencapai jarak 1,8 meter satu sama lain. Maka dari itu, tetap menggunakan masker jadi cara untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19 bagi semua orang.

“Kita semua tahu, masker tidak 100% efektif menghentikan penularan SARS-CoV-2 bahkan ketika dipakai dengan benar. Jadi jika Anda tidak pakai masker dan ada orang yang berada di dekat kita, ini artinya kedua orang tersebut masih berisiko tinggi terpapar SARS-CoV-2 meskipun tanpa gejala atau pra-gejala, ” pungkas Kristen.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini