Ramai Busana Ungu di Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris, Ternyata Ini Artinya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 01:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 194 2348059 ramai-busana-ungu-di-pelantikan-joe-biden-kamala-harris-ternyata-ini-artinya-O1MrOsfti4.jpg Kamala Harris dan Michelle Obama. (Foto: Reuters)

ADA pemandangan menarik pada momen pelantikan Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris di Capitol Hill, Amerika Serikat, Rabu 20 Januari 2021 waktu setempat. Sebagian besar pejabat dan mantan ibu negara AS terpantau mengenakan busana berwarna ungu, termasuk Kamala Harris.

Kamala Harris mengenakan setelan blazer berwarna ungu hasil rancangan dua desaner berkulit hitam Christopher John Rogers dan Sergio Hudson. Ia memadukan busana itu dengan kalung mutiara yang menjadi salah satu item fashion favoritnya.

Menurut penjelasan Abby Phillip, jurnalis CNN, Harris sengaja memilih warna ungu sebagai bentuk simbolis mengingat warna tersebut juga dikenakan oleh Shirly Chisholm, saat terpilih sebagai perempuan berkulit hitam pertama di Kongres AS.

Joe Biden Kamala

Tak hanya Harris, mantan ibu negara Hillary Clinton juga tampil stunning mengenakan setelan blazer berwarna ungu rancangan Ralph Lauren. Busana ini pernah ia kenakan saat membacakan pidato kekalahannya pasca Pilpres AS 2016 lalu.

Lantas, apa yang melatarbelakangi para pejabat AS mengenakan busana berwarna ungu? Melansir Marie Claire, Kamis (21/1/2021), ada dua penjelasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Pertama, warna ungu merepresentasikan dua warna yang identik dengan partai di Amerika Serikat. Warna ini tercipta dari kombinasi warna merah yang melambangkan Partai Republik, dan warna biru melambangkan Partai Demokrat.

Para pengamat fashion menilai, Kamala Harris sepertinya ingin menyatukan kedua partai tersebut pada masa kepemimpinannya nanti.

Kedua, warna ungu melambangkan 'suffragette' (gerakan hak pilih). "Ungu adalah warna kesetiaan, keteguhan pada tujuan, keteguhan teguh pada suatu tujuan. Putih, lambang kemurnian, melambangkan kualitas tujuan kita; dan emas, warna terang dan kehidupan, adalah sebagai obor yang memandu tujuan kita. , murni dan teguh," menurut baris dalam buletin di National Woman's Party di Amerika Serikat.

Pada November 2020 lalu, Kamala Harris memang mengenakan busana bernuansa hitam putih saat memberikan pidato kemenangannya bersama Joe Biden. Jadi rasanya sangat tepat bila hari ini, ia mengenakan busana berwarna suffragete lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini