6 Langkah yang Harus Dilakukan Apabila Dinyatakan Positif Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 481 2348249 6-langkah-yang-harus-dilakukan-apabila-dinyatakan-positif-covid-19-woLoVflciF.jpg Ilustrasi virus corona (covid-19). (Foto: Shutterstock)

VIRUS corona atau covid-19 masih mewabah di Indonesia. Saat ini makin banyak orang yang terinfeksi penyakit itu, bahkan angka kasusnya mencapai lebih dari 14 ribu per hari.

Orang-orang yang dinyatakan positif covid-19 memiliki tingkatan beragam. Mulai tanpa gejala hingga memiliki gejala berat atau kritis.

Baca juga: Pertama Kalinya, 2 Ekor Gorila Dikonfirmasi Positif Covid-19 

Lantas apa yang harus dilakukan apabila dinyatakan positif terinfeksi covid-19? Merangkum dari akun Instagram @satgas.relawan, Kamis (21/1/2021), berikut enam langkah yang wajib dilakukan jika terpapar virus corona.

1. Mengabari keluarga terdekat atau orang-orang yang tinggal dalam satu rumah.

2. Memberi kabar aparat setempat seperti petugas kesehatan RT, RW, dan lain-lain agar dapat mengambil sikap serta tindakan secara protokol kesehatan.

3. Memastikan dan menginformasikan kepada aparat dengan siapa saja kontak erat dari awal gejala hingga dinyatakan positif covid-19.

Baca juga: Sempat Positif Covid-19, Irfan Hakim Rasakan Gejala Ini 

4. Siapkan diri menjalani isolasi selama 14 hari dengan penuh semangat dan perasaan positif akan segera sembuh.

5. Siapkan keperluan isolasi seperti air mineral kemasan, stok protein yang cukup, sayur dan buah, serta vitamin dan suplemen makanan untuk membantu mempercepat proses pemulihan.

6. Membuat jadwal harian selama isolasi seperti olahraga, jadwal minum obat dan makan, serta tetap semangat dan berpikir positif.

Baca juga: Alami Kejadian Medik Usai Divaksin Covid-19, Berikut Prosedur Pelaporannya 

Ilustrasi covid-19. (Foto: Instagram @satgas.relawan)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini