Yuk Kenali Arti Imunogenitas, Efikasi, dan Efektivitas Vaksin Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 481 2348366 yuk-kenali-arti-imunogenitas-efikasi-dan-efektivitas-vaksin-covid-19-WIEWTDElGl.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat Vaksin Sinovac untuk menghentikan persebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia. Dengan adanya izin tersebut, BPOM menjamin khasiat, keamanan, dan kualitas vaksin covid-19 yang diberikan kepada masyarakat sudah memenuhi standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebagaimana diketahui, BPOM menyatakan uji klinis vaksin covid-19 buatan Sinovac Biotech itu menunjukkan efikasi sebesar 65,3 persen. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang belum mengerti dengan istilah-istilah yang akrab dalam dunia medis tersebut.

Baca juga: Waduh, Ada Jenis Covid-19 yang Kebal Vaksin? 

Melalui akun Instagram @bpom_ri, Kamis (21/1/2021), BPOM coba menjelaskan mengenai beberapa istilah medis yang kerap disebutkan dalam proses vaksinasi covid-19. Diharapkan dengan informasi yang jelas, masyarakat tidak keliru lagi dalam memahaminya. Istilah-istilah itu adalah:

1. Imunogenitas

Imunogenitas adalah kemampuan untuk memicu respons imun di dalam tubuh yang dapat dilihat dari peningkatan kadar antibodi.

2. Efikasi

Estimasi penurunan angka kejadian infeksi pada kelompok orang yang mendapat vaksin dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan vaksin atau mendapat plasebo.

Baca juga: Mengenal KIPI dan Mekanisme Pelaporannya 

3. Efektivitas

Kemampuan vaksin dalam menurunkan kejadian penyakit infeksi dalam populasi masyarakat sebenarnya setelah digunakan luas dalam masyarakat.

Dalam unggahan tersebut BPOM juga meminta masyarakat mendukung upaya pemerintah dalam melaksanan program vaksinasi covid-19. Tujuannya untuk memutus mata rantai penularan virus corona di Tanah Air.

"Mari kita dukung program vaksinasi covid-19, karena keberhasilan penanganan covid-19 ini merupakan keberhasilan kita bersama sebagai bangsa," tulis BPOM.

Baca juga: Alami Kejadian Medik Usai Divaksin Covid-19, Berikut Prosedur Pelaporannya 

Istilah medis vakinasi covid-19. (Foto: Instagram @bpom_ri)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini