BPOM Minta Masyarakat Tak Panik jika Alami 6 Gejala Ini Usai Divaksin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 481 2348439 bpom-minta-masyarakat-tak-panik-jika-alami-6-gejala-ini-usai-divaksin-KwlmGTkmrp.jpg Divaksin Covid-19 (Foto: Indian Express)

Pemerintah resmi melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada Rabu 13 Januari 2021. Vaksinasi dilakukan setelah Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Meski dijamin keamanannya oleh BPOM, namun vaksinasi pasti memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap tubuh penerimanya. Sebagaimana diketahui vaksinasi adalah prosedur memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk menstimulasi sistem imun tubuh dan bisa memproduksi imunitas terhadap suatu penyakit.

 Vaksin Covid-19

Program vaksinasi tahap pertama ini menyasar para tenaga kesehatan (Tenkes) dan pekerja publik yang dianggap golongan paling berisiko untuk terpapar Covid-19 dalam bertugas. Langkah ini diambil pemerintah untuk menjamin keamanan para tenkes dan pekerja publik selama bertugas.

Merangkum dari laman resmi Badan POM, @bpom_ri, Kamis (21/1/2021), meski menimbulkan gejala dan efek samping bagi penerimanya, namun hasil evaluasi menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 buatan Sinovac (CoronaVac) aman untuk digunakan.

Oleh sebab itu apabila penerima vaksin mendapatkan reaksi atau gejala yang ditimbulkan akibat vaksinasi diharap untuk tidak panik dan khawatir. BPOM pun menjelaskan sejumlah efek samping yang mungkin ditimbulkan pasca vaksinasi dan bersifat ringan hingga sedang.

1. Nyeri lokal

2. Indurasi (Pengerasan jaringan di sekitar lokasi penyuntikan)

3. Kemerahan dan pembengkakan

4. Myalgia (nyeri otot)

5. Kelelahan

5. Demam

“Efek samping tersebut, bukan efek samping berbahaya dan dapat pulih kembali,” tulis unggahan BPOM.

BPOM juga mengingatkan masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya adalah untuk mencegah bertambah banyaknya penularan Covid-19 di masyarakat.

“Mari bersatu lawan Covid-19 dengan tetap menerapkan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini