Tak Mau Kusam dan Berjerawat? Maskeran Saja dengan 5 Bahan Rumahan Ini

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 611 2348464 tak-mau-kusam-dan-berjerawat-maskeran-saja-dengan-5-bahan-rumahan-ini-g2zkzlcMJR.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SIAPA sih yang tidak ingin kulit wajah mereka cerah dan bersinar? Wajah yang kusam dan berjerawat dapat menimbulkan rasa tak percaya diri, yang mengganggu penampilan.

Banyak orang yang lebih memilih menggunakan perawatan bahan rumahan yang alami dibandingkan menggunakan krim-krim berbahan kimia. Walaupun hasilnya tak seinstan produk yang dijual di toko, bahan alami dipercaya lebih aman dan lebih baik.

Nah, jika ingin kulit Anda lebih cerah, kenapa tidak membuat sendiri masker wajah dari bahan dapur, seperti dilansir dari The Healthy.

Masker Pisang

Pisang mengandung bahan yang bagus untuk kulit, seperti vitamin A untuk memudarkan flek dan noda hitam serta, menghaluskan kulit kasar, vitamin B untuk mengurangi kulit yang kering, vitamin E untuk mengurangi munculnya kerutan, dan kalium untuk melembapkan. Buah ini cocok digunakan sebagai masker untuk kulit yang terlihat dan terasa lebih lembut.

Cara membuat: hancurkan pisang matang berukuran sedang menjadi pasta halus. Lalu oleskan dengan lembut ke wajah dan leher Anda.

Biarkan selama 10 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Atau campurkan 1/4 cangkir yogurt tawar, 2 sendok makan madu, dan satu pisang berukuran sedang.

masker

Masker Susu

Berikut cara lain untuk mendapatkan perawatan wajah yang mewah di rumah dengan menggunakan masker wajah DIY. Campur 1/4 cangkir susu bubuk dan air secukupnya hingga membentuk pasta kental.

Oleskan campuran ini pada wajah Anda, biarkan mengering, lalu bilas dengan air hangat. Wajah akan terasa segar dan diremajakan.

Masker Lemon

Lemon mengandung AHA dan BHA, kedua jenis asam hidroksi ini dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan komedo, jerawat, dan kulit belang.

Campurkan satu buah jus lemon dengan 1/4 cangkir minyak zaitun atau minyak almond manis. Atau campurkan ½ jus lemon dengan satu sendok makan madu. Oleskan ke wajah Anda, tunggu 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

Masker Telur

Untuk melembapkan kulit yang kering, pisahkan telur dan kocok bagian kuningnya. Untuk kulit berminyak ambil putih telur dan tambahkan sedikit lemon atau madu.

Untuk kulit normal, gunakan seluruh telur. Oleskan telur yang telah dikocok, tunggu selama 30 menit, lalu bilas. Wajah akan terasa segar.

Masker Madu

Untuk masker wajah membuat sendiri ini, campurkan 2/3 cangkir oat instan, panaskan dalam 1/2 cangkir air panas selama sekitar lima menit sampai campuran mengental. Sambil menunggu, haluskan setengah apel dalam blender dengan 2 sendok makan yogurt, 2 sendok makan madu, dan satu putih telur.

Haluskan selama 45 detik, lalu tambahkan campuran oatmeal panas. Blender pelan selama 20 detik lagi. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama 15 menit untuk nutrisi maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini