5 Jenis Angin Puting Beliung, Mana yang Terjadi di Waduk Gajah Mungkur?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 612 2348150 5-jenis-angin-puting-beliung-mana-yang-terjadi-di-waduk-gajah-mungkur-VWGk3fXpEY.jpg Ilustrasi angin puting beliung. (Foto: Welcomia/Freepik)

FENOMENA alam berupa angin puting beliung terjadi di area Waduk Gajah Mungkur, Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Peristiwa ini berlangsung pada Rabu 20 Januari, sekira pukul 15.30 WIB.

"Fenomena itu terjadi sebelum hujan. Pusaran itu berlangsung sekitar 15 menit," kata Kepala Desa Sendang Sukamto kepada wartawan.

Baca juga: Puting Beliung Besar Muncul di Wonogiri, Pusaran Berlangsung 15 Menit 

Sementara itu, dikutip dari laman Air World Wide, Kamis (21/1/2021), dijelaskan bahwa tornado atau angin puting beliung datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kemudian dapat berpindah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Banyak jenis dan bentuk dari angin puting beliung ini, di antaranya adalah:

1. Bentuk tali

Bentuk angin puting beliung yang paling ramping dan paling umum adalah tornado tali. Namun jika berlangsung cukup lama, maka bentuknya akan makin besar.

2. Bentuk kerucut

Angin puting beliung berbentuk kerucut paling sering ditemui, seperti di beberapa kawasan Amerika. Jika jenis tornado ini datang, maka akan menghancurkan semua benda di sekitarnya karena bentuknya lebar.

Baca juga: Lee Si Young Pertimbangkan Bintangi Drama Remake The Mentalist

3. Bentuk pasak

Nah, jenis angin puting beliung satu ini termasuk paling menakutkan karena ukurannya yang sangat besar dan lebar. Hal ini akan mengakibatkan kehancuran di sekitar angin tersebut.

4. Bentuk satelit

Kemudian jenis angin puting beliung yang satu ini juga sama menakutkannya. Bentuknya seperti satelit, di mana di bagian tengahnya merupakan tornado paling berbahaya. Angin ini bisa meluluhlantakkan semua benda yang dilalui.

Baca juga: Heboh Awan Puting Beliung di Wonogiri, Berikut Penjelasan BMKG 

5. Tornado non-supercell

Angin puting beliung ini biasanya disertai awan gelap dan sambaran petir yang menyeramkan. Rotasi putarannya berkembang secata signifikan, muncul di kawasan dataran kering.

Angin puting beliung. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini