Manfaat Buah Apel untuk Diet, Ini Fakta-Fakta yang Tersembunyi

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 298 2349008 apel-cocok-untuk-menu-diet-ini-nutrisi-yang-terkandung-ks6tWLGNyy.jpg Buah apel bisa dimasukkan ke menu asupan program diet. (Foto: Mdjaff/Freepik)

MANFAAT buah apel untuk diet perlu diketahui semua orang. Pasalnya, banyak orang ingin memiliki berat badan yang ideal, dan salah satu cara yang ditempuh dengan berolahraga. Namun ternyata olahraga saja tidak cukup. Jika ingin hasil maksimal, cobalah sering mengonsumsi buah apel, kemudia lihat perbedaannya.

Apel merupakan salah satu buah sumber antioksidan, serat, air, dan beberapa nutrisi lainnya yang baik. Banyak komponen sehat pada buah apel yang berfungsi sebagai asupan kalori untuk tubuh. Namun di sisi lain, apel juga berguna dalam menurunkan berat badan berkat kandungannya tersebut.

Baca juga: Ini Dia 3 Manfaat Cuka Apel yang Jarang Diketahui Orang 

Seperti dikutip dari Healthline, Jumat (22/1/2021), asupan serat yang tinggi sering dikaitkan dengan penurunan berat badan dan penurunan risiko obesitas secara signifikan.

Ilustrasi timbangan dalam program diet

Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki serat dapat memperlambat pencernaan makanan dan membuat Anda merasa lebih kenyang dengan lebih sedikit kalori. Untuk alasan ini, makanan tinggi serat dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori total yang membantu menurunkan berat badan.

Serat pada Apel sangat berguna bagi tubuh, juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan memberi makan bakteri baik di usus untuk membantu kesehatan metabolisme serta pengendalian berat badan. Lalu, apakah ada bukti nyata atau sebuah penelitian tentang manfaat buah apel untuk diet ini?

Baca juga: Benarkah Biji Apel Beracun? Ini Hasil Penelitiannya 

Hasil Penelitian

Para peneliti telah mengusulkan bahwa memasukkan apel ke makanan yang sehat dan seimbang dapat mendorong penurunan berat badan. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap wanita dengan kelebihan berat badan yang mengikuti diet rendah kalori atau penurunan berat badan, asupan apel dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Dalam penelitian itu, wanita secara teratur makan apel, pir, atau kue gandum (makanan dengan kandungan serat dan kalori yang serupa). Setelah 12 minggu, kelompok pengonsumsi buah kehilangan 2,7 pon (1,2 kilogram), tetapi kelompok oat atau gandum tidak menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan.

Studi lain memberi 50 orang 3 apel, 3 pir, atau 3 kue gandum per hari. Setelah 10 minggu, kelompok oat tidak mengalami perubahan berat badan, tetapi mereka yang makan apel kehilangan 2 pon (0,9 kg). Jika memasukkan buah ini dalam menu pola makan yang sehat dan seimbang akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Rendah Kalori

Selain untuk membantu menurunkan berat badan, apel mengandung banyak air. Faktanya, apel berukuran sedang terdiri dari sekira 86 persen air.

Penelitian menyatakan kandungan air pada apel dapat mengenyangkan, tetapi juga sangat membantu dalam menurunkan kepadatan kalori pada tubuh. Makanan dengan jumlah kalori yang rendah seperti apel cenderung tinggi air dan serat, dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori, dan penurunan berat badan.

Baca juga: Sering Konsumsi Apel di Tengah Pandemi Yuk, Ini Manfaatnya 

Apel selai kacang. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

Sangat Mengenyangkan

Kombinasi air dan serat dalam apel membuatnya sangat mengenyangkan saat dikonsumsi. Dalam sebuah penelitian, apel utuh dinyatakan secara signifikan lebih mengenyangkan daripada saus apel atau jus apel saat dimakan sebelum makan.

Selain itu, buah apel membutuhkan waktu lebih lama untuk dimakan dibandingkan dengan makanan yang tidak mengandung serat. Durasi makan juga berkontribusi pada rasa kenyang.

Baca juga: Makan Apel Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke hingga 12% 

Memiliki Indeks Glikemik Rendah

Apel memiliki indeks glikemik (GI) rendah yang merupakan ukuran kenaikan kadar gula darah setelah memakannya. Makanan rendah GI dapat membantu kontrol gula darah dan manajemen berat badan karena membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah Anda.

Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa diet rendah GI dapat membantu mencegah diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Intinya, selain kandungannya yang sangat baik, mengonsumsi buah apel akan sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki berat badan yang ideal atau untuk teman diet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini