Mengenal Gangina, Teknik Simpan Anggur Supaya Segar Lebih dari 6 Bulan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 298 2349046 mengenal-gangina-teknik-simpan-anggur-supaya-tetap-segar-lebih-dari-6-bulan-30QsYzWCA9.jpg Teknik simpan gangina membuat anggur tetap segar dalam waktu lama. (Foto: Oddity Central)

GANGINA adalah cara tradisional menyimpan anggur dan buah-buahan lainnya agar tetap segar selama lebih dari 6 bulan lamanya. Masyarakat biasa menyimpan anggur dalam wadah kedap udara yang terbuat dari tanah basah.

Anggur sendiri adalah buah yang sulit untuk tetap segar dalam jangka waktu lama, bahkan ketika diletakkan di lemari es. Tetapi, masyarakat Afghanistan telah lama menggunakan metode kuno gangina untuk menjaga buah-buahan tetap lunak dan segar.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Anggur, Cocok untuk Sering Dikonsumsi 

Biasanya mereka menyimpan buah-buahan ini untuk dikonsumsi saat musim dingin. Sebab pada masa itu, masyarakat akan sulit mendapatkan buah-buahan segar. Gangina adalah teknik konservasi yang cerdik dengan menyimpan anggur dalam wadah seperti piring.

Teknik simpan anggur gangina. (Foto: Facebook and Livestock Afghanistan)

Wadah tersebut terbuat dari dua lapisan tanah basah. Wadah dijemur hingga kering kemudian harus disimpan di tempat sejuk, jauh dari sinar matahari langsung. Jika disimpan dengan benar, wadah gangina dapat menjaga anggur yang dipetik di musim gugur tetap segar hingga musim semi tahun depan.

Baca juga: Viral Anggur Varietas Baru, Ukurannya Lebih Besar dari Telur Ayam 

"Kita harus membuang anggur yang pecah dulu, lalu menaruhnya di gangina. Jika kita meletakkan yang rusak di gangina, itu akan merusak semua anggur lainnya," kata petani bernama Abdul Manan, sebagaimana dilansir Oddity Central, Jumat (22/1/2021).

Ia menambahkan, sangat penting menyortir anggur berkualitas baik ketika menggunakan metode gangina ini. Sebab, satu buah anggur yang busuk atau pecah dapat merusak seluruh semua yang ada di dalam wadah. Wadah gangina juga harus kedap udara dan disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Fungsinya agar buah di dalamnya tetap terjaga kesegarannya. Di musim dingin atau musim semi, ketika permintaan buah-buahan meningkat dengan harga tinggi, petani seperti Abdul Manan mengeluarkan stok anggurnya.

Baca juga: Anggur Hitam Tak Cuma Lezat, Ini 5 Manfaatnya yang Perlu Diketahui 

Abdul Manan siap menjual anggur yang dirawatnya dengan metode gangina dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Setiap wadah gangina mampu menampung sekira satu kilogram anggur.

"Kami menyimpan banyak anggur di gangina dan akan menjualnya di musim dingin atau musim semi yang akan datang. Dengan metode ini kita akan mendapatkan penghasilan yang bagus," jelas petani anggur Askar kepada Kementerian Pertanian Afghanistan.

Baca juga: Makan 1 Alpukat Sehari, Manfaat Besar Ini Akan Didapat 

Anggur (Foto: Bustle)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini