Sederet Manfaat Kombucha, Teh yang Punya Rasa Asam

Highend, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 298 2349243 sederet-manfaat-kombucha-teh-yang-punya-rasa-asam-mwSUssRP5v.jpg Teh Kombucha. (Foto: Highend)

TEH mungkin menjadi salah satu minuman yang banyak disukai oleh orang-orang. Tidak heran, teh kemudian memiliki banyak jenis dan rasa.

Nah, salah satu jenis teh yang memiliki banyak manfaat adalah Kombucha. Teh ini, merupakan teh tidak dipasteurisasi yang difermentasi. Oleh karena itu, rasanya pun sedikit berbeda dengan teh pada umumnya.

Minuman probiotik ini memiliki rasa asam seperti cuka, yang merupakan produk sampingan dari proses fermentasi, serta cita rasa yang kompleks dari berbagai buah-buahan dan bahan lainnya yang ditambahkan ke dalamnya. Di samping itu, ketika diminum, kombucha sedikit menggelitik lidah layaknya soda karena telah terkarbonasi.

kombucha

Proses pembuatan Kombucha berawal dari seduhan teh hitam atau hijau, gula, larutan dari batch Kombucha sebelumnya, dan kultur simbiosis bakteri dan ragi (umumnya disebut Scoby) untuk proses fermentasi.

Menurut culturesforhealth.com, Kombucha dapat difermentasi 7-30 hari. Semakin lama difermentasi, rasa Kombucha akan semakin kuat dan semakin asam menyerupai cuka.

Walau belum ada riset resmi yang mengkonfimasi khasiat kesehatan dari mengkonsumsi Kombucha, namun berbagai ahli di seluruh dunia menyebutkan ada beberapa manfaatnya untuk tubuh.

Mengandung banyak antioksidan

Kombucha yang terbuat dari teh hijau akan memiliki khasiat yang serupa dengan meminum the hijau itu sendiri. Teh hijau mengandung banyak senyawa bioaktif, yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat di dalam tubuh.

Menurut hasil riset, mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, mengurangi lemak perut, memperbaiki kadar kolesterol, memperbaiki gula darah, dan banyak lainnya.

Mendukung kesehatan pencernaan

Disadur dari healthline.com, ketika difermentasi, terdapat kandungan beberapa jenis bakteri lactic-acid dalam Kombucha, sehingga minuman tersebut memiliki fungsi probiotik.

Probiotik mengantarkan bakteri menyehatkan ke sistem pencernaan. Bakteri-bakteri ini dapat memperbaiki pencernaan, peradangan, bahkan mengurangi berat badan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini