Ini Cara Hasilkan Sirkulasi Udara yang Baik untuk Cegah Persebaran Virus

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 481 2348721 ini-cara-hasilkan-sirkulasi-udara-yang-baik-untuk-cegah-persebaran-virus-1sJSJxoVFl.jpg Ilustrasi sirkulasi udara di dalam ruangan. (Foto: Houzz Es)

TUBUH membutuhkan oksigen dari udara yang bersih. Kondisi ini bisa didapat dari sirkulasi udara yang baik. Sebab jika tidak, maka sirkulasi udara di dalam ruangan akan buruk dan bisa menimbulkan penyakit.

"Ruang yang tertutup maka akan terjadi penyebaran virus," kata spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (Paru) dr Maydie Esfandiari SpP, saat diskusi secara virtual, Kamis 21 Januari 2021.

Baca juga: Virus Corona Bisa Bertahan 3 Jam di Ruangan, WFH Perhatikan Ini 

Lebih lanjut ia mengatakan, terjadinya infeksi dapat membahayakan kesehatan manusia. Ini juga dipengaruhi jumlah bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

"Jadi kalau ada orang yang sedang sakit, dibutuhkan ventilasi yang baik," terangnya.

Covid-19. (Foto: Okezone)

Ia menambahkan, saat ini virus bisa menular lewat udara dari ludah atau batuk yang mengenai suatu benda. Ketika benda itu tidak sengaja disentuh, maka virus akan mudah masuk ke tubuh, sehingga menimbulkan penyakit serta melemahkan manusia.

Baca juga: PSBB Ketat Diperpanjang Bikin Stres, Coba Atasi dengan 6 Kegiatan Ini 

Berdasarkan pemaparan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penularan virus corona (covid-19) melalui udara atau airbone dapat terjadi pada ruangan tertutup yang berventilasi kurang baik dan dipadati banyak orang.

Maka sangat penting untuk selalu menjaga kualitas dan sirkulasi udara bersih di dalam ruangan agar tubuh tetap sehat dan bebas dari virus, bakteri, serta jamur yang dapat menyerang sistem pernapasan.

"Perhatikan sirkulasi udara dan letakkan ventilasi pada posisi yang tepat, jaga kebersihan benda-benda yang rentan menyerap debu, bakteri, jamur seperti mesin pendingin, karpet ataupun boneka. Pelihara tanaman yang memberikan oksigen tambahan hingga menggunakan semprotan disinfektan yang aman," pungkasnya.

Baca juga: Masih Harus WFH, Simak 4 Tips untuk Jaga Produktivitas 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini