Tips Ampuh Belanja Bahan Makanan untuk Penderita Diabetes

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 481 2349070 tips-ampuh-belanja-bahan-makanan-untuk-penderita-diabetes-88sd2iwnIx.jpg Ilustrasi belanja bahan makanan untuk penderita diabetes. (Foto: Shutterstock)

BAGI penderita diabetes, mengelola makanan adalah cara ampuh untuk mengontrol kesehatannya. Tidak perlu mengikuti diet khusus, cukup makan seperti yang disarankan dokter.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan sehat dan seimbang adalah salah satu cara terbaik mengontrol gula darah dan mengelola diabetes. Oleh karena itu, penting memerhatikan kebutuhan belanja bahan makanan untuk penderita diabetes.

Baca juga: 5 Gejala Diabetes pada Anak dan Remaja, Yuk Segera Diatasi 

Seperti dilansir WebMD, Jumat (22/1/2021), berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli bahan makanan bagi penderita diabetes.

1. Pakai metode pelat diabetes

Shamera Robinson MPH, ahli diet tersertifikasi dan direktur nutrisi American Diabetes Association, mengatakan seseorang yang mengidap diabetes bisa makan apa saja. "Makanan favorit Anda bisa menjadi bagian dari rencana makan individual. Cara terbaik untuk belanja bahan makanan adalah dengan menemukan keseimbangan nutrisi yang cocok untuk Anda."

Salah satu caranya adalah dengan Metode Pelat Diabetes. Bayangkan piring Anda terbelah dua secara merata. Isi satu sisinya dengan sayuran non-tepung seperti asparagus, kubis brussel, brokoli, kembang kol, sayuran hijau, labu, atau tomat.

Bagi separuh lainnya menjadi empat bagian secara horizontal. Isi seperempatnya dengan karbohidrat seperti nasi merah, tortilla, kacang-kacangan, buah, susu, atau yogurt. Isi seperempat bagian terakhir dengan protein seperti telur, tahu, dan daging tanpa lemak seperti ayam dan ikan.

2. Buat rencana makan

Penderita diabetes bisa merencanakan makanan yang akan dikonsumsi selama satu minggu. Ini harus sudah dilakukan sebelum pergi ke toko bahan makanan.

Baca juga: Kaki Selalu Dingin, Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2 

3. Catat daftar belanja

Setelah tahu apa yang ingin dimakan, buat daftar bahan-bahannya yang ingin dibeli dan pastikan belum memilikinya. Anda dapat mengelompokkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti produk kemasan, daging, dan makanan beku. Jangan lupakan juga camilan.

Daftar bahan makanan yang harus ada di dalam keranjang belanja penderita diabetes adalah:

a. Sayuran segar seperti bayam, kubis brussel, dan brokoli lebih baik daripada sayuran bertepung seperti kacang hijau, jagung, kentang, dan labu.

b. Buah segar, beku, atau kalengan dalam jus. Hindari yang mengandung sirup/gula. Buah kering dan jus buah 100 persen juga bisa menjadi pilihan. Tetapi, tetap perhatikan porsinya.

c. Biji-bijian utuh dengan bahan gandum utuh.

d. Daging, unggas, dan ikan. Beli sesuai porsi Anda dan pastikan membeli daging tanpa lemak.

e. Air mineral dan makanan penutup.

Baca juga: Alasan Pasien Diabetes Harus Rajin Makan Brokoli 

Ilustrasi diabetes

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini