Kasus Bupati Sleman, Perlukah Swab PCR Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 481 2349078 kasus-bupati-sleman-perlukah-swab-pcr-sebelum-disuntik-vaksin-covid-19-b8c8oNkb6m.jpg Uji coba vaksin Covid-19 (Foto: Anadolu Agency)

Ada kemungkinan Bupati Sleman Sri Purnomo terinfeksi Covid-19 sebelum divaksin. Jika terinfeksi sebelum divaksin, berarti dia adalah orang dalam masa inkubasi.

Ya, gejala Covid-19 sendiri timbul setelah 2 hingga 14 hari setelah virus masuk dalam tubuh manusia. Jadi, sangat kecil kemungkinannya seseorang langsung saat itu juga mengalami gejala setelah virus masuk ke tubuh.

 swab

Namun, jika terinfeksi setelah di vaksin, kemungkinan karena antibodi yang terbentuk belum cukup, karena baru satu minggu setelah divaksin untuk melindungi dari infeksi virus Covid-19, terlebih efikasi vaksin Sinovac hanya 65,3 persen.

Pada kemungkinan sebelum divaksin, kelompok OTG (orang tanpa gejala) dan orang dalam masa inkubasi, sejatinya belum perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19, karena dalam tubuh mereka sudah ada virus yang hidup artinya sudah divaksin secara alamiah.

Nah, supaya status penerima vaksin jelas yaitu tidak dalam masa inkubasi Covid-19 atau OTG apakah perlu dilakukan tes swab PCR sebelum divaksin?

"Hingga saat ini memang tidak ada anjuran dari pemerintah bahwa seseorang harus melakukan pemeriksaan swab PCR sebelum menerima vaksin Covid-19," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Tangerang dr Tolhas Banjarnahor, SpPD-FINASIM.

Jadi, calon penerima vaksin Covid-19 cukup mengisi lembar screening yang telah disiapkan sebelum vaksinasi dilakukan untuk menentukan apakah seseorang bisa mendapatkan vaksin atau tidak. Baru sebatas ini saja.

Tapi, kata dr Tolhas, jika Anda secara mandiri ingin melalukan tes Covid-19 dengan swab PCR, itu akan sangat baik dan memudahkan tenaga kesehatan mengelompokkan Anda masuk ke golongan layak atau belum layak menerima vaksin.

"Melakukan tes swab PCR sebelum mendapatkan vaksin Covid-19 mungkin lebih baik, tapi untuk populasi besar, itu akan memakan biaya yang besar juga. Tapi, ya kalau mau tes pribadi, silahkan saja," tambah dr Tolhas.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini