Remaja Putri Rentan Terkena Anemia, Ini Alasannya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 481 2349121 remaja-putri-rentan-terkena-anemia-ini-alasannya-j2QwHGeeeM.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Remaja putri menjadi golongan yang rentan mengalami anemia (kekurangan darah) salah satu penyebab utamanya adalah defisiensi zat besi. Ketika memasuki masa pubertas, kebutuhan zat besi juga meningkat untuk membantu pertumbuhan.

Namun masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengonsumsi asupan makanan yang mengandung zat gizi yang cukup untuk kebutuhannya yang meningkat tajam. Selain itu remaja putri yang sudah mengalami haid, akan kehilangan darah setiap bulannya.

Anemia

Alhasil kebutuhan zat besi pada remaja wanita yang sudah haid mesti lebih banyak. FKM UI, Prof. Endang Achadi mengatakan ada beberapa faktor lain yang menyebabkan remaja putri membutuhkan lebih banyak zat besi ketimbang remaja putra.

“Sebagian remaja putri kadang-kadang mengalami gangguan haid. Seperti haid lebih lama dari biasanya, atau lebih banyak dari biasanya,” terang Endang, dalam pertemuan virtual ‘Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-61 2021’, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga : Waspada Anemia, Ini Cara Mengetahuinya

Di satu sisi banyak pula remaja putri masa kini yang ingin terlihat cantik. Tak sedikit dari mereka yang melakukan diet keliru dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Nah diet yang keliru ini justru dapat memengaruhi asupan zat besi yang sangat penting bagi tubuh.

“Banyak remaja putri yang mengurangi asupan protein hewani. Padahal protein, terutama protein hewani dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin darah,” terangnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini