Waspada, Anemia Bisa Bikin Perempuan Alami Napas Pendek

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 481 2349297 waspada-anemia-bisa-bikin-perempuan-alami-napas-pendek-uc0sP9iFHY.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Anemia masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang dihadapi pemerintah Indonesia saat ini. Anemia adalah keadaan konsentrasi hemoglobin (Hb) yang berada di dalam sel darah merah, lebih rendah dari seharusnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah Hb normal pada laki-laki dewasa adalah <13 g/dL, sementara untuk perempuan dewasa adalah <12g/dL. FKM UI, Prof. Endang Achadi mengatakan Hb merupakan pembawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh termasuk otak dan otot.

Sesak

“Bila Hb rendah, oksigen yang dibawa kurang maka jaringan kekurangan oksigen gejala 5L (letih, lesu, lemah, lelah, dan lalai), pusing berputar-putar dan napas pendek,” terang Prof. Endang pertemuan virtual ‘Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-61 2021’, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga : Remaja Putri Rentan Terkena Anemia, Ini Alasannya!

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Endang jug menjelaskan beberapa penyebab utama anemia. Beberapa di antaranya adalah:

1. Rendahnya asupan zat gizi yang penting untuk pembuatan darah (zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin A.

2. Meningkatnya pengeluaran zat gizi seperti pendarahan karena kecacingan atau absorpsi besi menurun akibat banyaknya cacing di usus, pecahnya sel darah merah karena malaria, dan penyakit karena sebab lain seperti TBC.

3. Pada remaja putri, menstruasi tidak diimbangi dengan asupan zat besi yang cukup.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini