Disinfektan Tertelan? Tak Perlu Panik, Cukup Lakukan Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 612 2348727 disinfektan-tertelan-tak-perlu-panik-cukup-lakukan-ini-0DX2qwjNei.jpeg Ilustrasi hand sanitizer. (Foto: Okezone)

MENGGUNAKAN disinfektan menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Bahkan sebagian orang menggunakannya untuk tidak hanya di telapak tangan, tapi juga pada lengan dan baju. 

Lantas bagaiman jika tak sengaja mengenai mulut atau tertelan?

"Sebenarnya jarang terjadi. Namun jika tidak sengaja masuk ke mulut, cukup kumur-kumur dengan air," kata dr. Maydie Esfandiari, Sp.P., dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) saat Sesi Diskusi dan Peluncuran Produk Puressentiel Purifying Air Spray secara virtual.

Selain itu apabila terkena mata, bisa langsung membasuhnya dengan air bersih. Namun jika disinfektan itu mengakibatkan iritasi, dan melukai maka sesegera mungkin periksakan ke dokter.

Disinfektan

Ia melanjutkan, pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan perlindungan diri, baik pribadi maupun keluarga.

Masyarakat kerap dituntut untuk disiplin dalam memerhatikan kebersihan lingkungan, salah satunya adalah kebersihan udara yang menjadi vital agar hidup nyaman dan aman. Termasuk penyemprotan disinfektan, di mana akan melindungi manusia dari penyebaran virus.

Kemudian terpenting adalah ventilasi yang baik, sehingga sirkulasi udara tetap masuk dan terkendali dengan baik. Serta pernapasan juga lebih terjaga.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini