Lama Tak Bergerak? Ini Tips untuk Mulai Kembali Berolahraga

Highend, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 612 2349120 lama-tak-bergerak-ini-tips-untuk-mulai-kembali-berolahraga-t0PkrxtKX3.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA imunitas kala pandemi memang menjadi salah satu cara kita selamat dari virus Covid-19. Nah, salah satu cara untuk menjaga imunitas adalah dengan melakukan olahraga yang teratur.

Tapi, memulai olahraga bukan perkara mudah loh, apalagi bagi beberapa orang dapat menjadi begitu membosankan. Banyak akhirnya yang memutuskan untuk menyerah dan berhenti latihan, bahkan tidak bergerak sama sekali.

Jika begitu kondisinya, apa yang harus kita lakukan untuk membangkitkan semangat untuk berolahraga lagi. Berikut beberapa tips sederhana untuk mulai berolahraga kembali seperti dilansir dari Highend.

Persiapkan Diri dengan Baik sebelum Berolahraga

Anda dapat mengatur dua alarm di pagi hari sebelum tidur, kemudian pilih t-shirt berwarna merah atau kuning, minum kafein setelah bangun dan Anda siap untuk berolah raga di pagi hari. Anda juga dapat mengatur playlist favorit Anda untuk menemani Anda berolah raga. Anda dapat memilih musik berirama cepat untuk membuatnya lebih bersemangat.

sepedaan

Bantuan Mesin Latihan

Anda dapat menggunakan mesin latihan untuk melakukan program-program latihan sederhana. Misalnya, Anda dapat mengatur treadmill atau latihan sepeda dengan program 30 menit dan latihan itu harus benar-benar dijalankan dalam waktu 30 menit.

Jika Anda hanya joging seperti biasa, Anda mungkin langsung berhenti ketika Anda merasa lelah, meskipun Anda baru saja memulainya, dengan bantuan alat akan membuat latihan Anda menjadi lebih konsisten.

Mengunduh Aplikasi Olahraga

Unduh beberapa aplikasi olah raga yang menyenangkan di ponsel Anda. Anda dapat menjadi lebih termotivasi untuk melakukan latihan. Beberapa aplikasi memiliki fasilitas untuk memposting hasil dari latihan Anda. Anda dapat mempostingnya di media sosial untuk memotivasi diri sendiri dan juga teman Anda.

Ajak Teman untuk Berolahraga Bersama

Anda dapat mengundang teman Anda untuk berolahraga bersama-sama. Dengan begitu Anda akan lebih bersemangat untuk mulai berolah raga dan berolahraga menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan. Anda mungkin dapat memilih olahraga santai yang sederhana yang dapat dilakukan berdua bersama teman atau pasangan.

Tetapkan Tujuan Latihan

Sebelum memulainya, Anda perlu menetapkan tujuan dari latihan yang Anda lakukan. Bila perlu Anda dapat mencatat berat badan Anda di awal program latihan dan kemudian menuliskan perubahan berat badan yang terjadi setelah berolahraga. Lebih baik jika Anda dapat membuat grafik, sehingga Anda akan tahu seberapa signifikan perubahan setelah program latihan.

Jika Terlewat Satu Hari, Ganti di Hari Berikutnya

Di awal ketika mulai berolahraga, kita dapat menentukan jadwal beberapa kali kita akan berolahraga dalam seminggu atau di hari apa saja. Jika ada satu hari yang terlewat Anda bisa mengganti di hari berikutnya. Jangan jadikan hari yang terlewat menjadi pemicu Anda berhenti berolahraga lagi.

Berikan Hadiah kepada Diri Sendiri Setalah Rutin Berolahraga

Jika sudah rutin berolahraga dan sudah tercapai tujuan dari olahraga tersebut, Anda dapat menghadiahi diri Anda sendiri dengan sesuatu yang menyenangkan.

Akan tetapi akan lebih baik jika hadiahnya tersebut bukan berupa makanan. Sebagai penggantinya, Anda dapat membeli baju baru atau pergi ke salon untuk perawatan rambut dan tubuh.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini