Catat! InI Deretan Masker yang Ampuh Cegah Virus Covid-19 Varian Baru

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 612 2349156 catat-ini-deretan-masker-yang-ampuh-cegah-virus-covid-19-varian-baru-b1OFM90fmr.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

VIRUS Covid-19 di beberapa negara telah bermutasi menjadi jenis baru. Selain jenis baru di Inggris, ada lagi mutasi jenis baru di Amerika Serikat.

Virus baru Covid-19 di Amerika yang disebut dengan nama 20C-US, diyakini para peneliti jadi dalang di balik naiknya kasus positif hingga 50% di Amerika. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah persebaran virus adalah dengan memakai masker.

Lalu masker apa saja yang dinilai para ahli, dinilai sebagai yang terbaik untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19 baru? Mengutip Ny Post, berikut ulasan singkatnya di bawah ini.

masker

N95

Masker ini disebut Dr. Rajesh Mohan, dokter spesialis jantung di New Jersey sebagai standar emas alias yang terbaik. “Gold standard, sudah jelas masker N95, terlepas dari jenis Covid,” kata Dr.Rajesh.

Senada dengan Dr.Rajesh, masker N95 ini juga disebut jadi yang terbaik di review komprehensif oleh para peneliti di Duke University. Masker satu ini, disebut sebagai paling efektif pada skala logaritmik penelitian.

Masker bedah

Setelah masker N95, masker nomor dua yang dinilai paling baik adalah masker bedah atau surgical mask yang sekali pakai. “Setelah N95, yang terbaik adalah masker bedah. Jika orang-orang pakai ini, akan ada sekitar 70 persen penurunan infeksi,” ujar Dr. Rajesh Mohan.

Para peneliti di Duke University juga mendapati masker bedah sebagai jenis masker nomor dua yang paling efektif, dengan catatan range mulai dari 0 hingga 0,1 dalam hal partikel menyebar dari berbicara saat mengenakan masker ini.

KN95 atau KF94

Dari penelitian Aaron Collins, insinyur mesin yang berbasis di Minnesota, dengan menghitung berapa banyak partikel di udara dan berapa banyak yang ada di masker yang diuji lalu membandingkan jumlah partikel di dalam masker dengan jumlah yang ada di luarnya.

Nah, untuk menentukan keefektifan masker, disimpulkan bahwa masker seperti KF94 atau KN95 adalah masker yang efektif dengan persentase perlindungan dari 90 hingga 99%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini