Studi: Mematikan Kamera saat Zoom Meeting Bantu Kurangi Jejak Karbon

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 612 2349189 studi-mematikan-kamera-saat-zoom-meeting-bantu-kurangi-jejak-karbon-i6YgQbJXic.jpg Zoom meeting melelahkan (Foto: Psychology Today)

Semenjak pandemi Covid-19, aktivitas bertatap temu secara langsung seperti meeting di kantor, sekolah, kuliah, dan bekerja dilokasikan menjadi serba virtual.

Hal ini menjadikan sebagian besar orang menjalankan aktivitasnya dengan cara online lewat teknologi video call seperti Zoom meeting salah satunya. Namun tahukah Anda, ternyata menyalakan kamera saat Zoom meeting berdampak buruk bagi planet bumi. Inilah kenapa, disarankan ketika Zoom meeting, sebaiknya kamera laptop tak perlu dinyalakan.

 zoom meeting

Dari hasil studi baru, menunjukkan bahwa mematikan kamera selama durasi satu jam sesi Zoom itu bisa menghemat sumber daya hingga tiga galon air dan area daratan seukuran iPad mini.

Mengutip Metro, Jumat (22/1/2021) menurut para peneliti di Purdue University, Yale University dan Massachusetts Institute of Technology, satu jam sesi video call atau streaming video itu mengeluarkan 150 sampai 1.000 gram karbon dioksida. Tapi, jika kamera dimatikan selama sesi ini dapat membantu mengurangi jejak karbon hingga 96%.

Tidak hanya itu, di studi penelitian ini para peneliti juga menemukan bahwa ketika streaming konten video dalam definisi standar (bukan dalam HD), saat menggunakan platform streaming seperti Netflix juga bisa mengurangi 86% jejak karbon.

Dalam penelitian melihat kaitan antara jejak air dan tanah yang terkait dengan penggunaan internet, dan jejak karbon di atas. Tim peneliti mengestimasi jejak karbon, air, dan tanah yang terkait dengan satu gigabyte data yang digunakan pada 18 platform online populer.

Di hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Resources, Conservation & Recycling, menunjukkan streaming berbayar Netflix jadi yang paling terbesar, lalu Zoom, TikTok, WhatsApp, dan Facebook.

Ilmuwan dan sekaligus penulis utama studi penelitian ini, Kaveh Madani menyebutkan selama ini orang awam masih banyak yang belum tahu jika tindakan sederhana seperti mematikan kamera saat sesi video call atau menurunkan kualitas gambar film yang ditonton bisa berdampak baik bagi lingkungan.

“Tanpa persetujuan Anda, platform-platform ini meningkatkan ‘jejak’ Anda terhadap lingkungan. Selama ini kita semua tahu dampak positif ke lingkungan dari pengurangan penggunaan kertas dengan sistem paperless, tapi tidak ada yang memberi tahu orang-orang manfaat untuk lingkungan ketika mematikan kamera atau mengurangi kualitas streaming,” kata Kaveh Madani.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini