Berapa Banyak Anak Boleh Diberi Es Krim dalam Sehari?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 612 2349264 berapa-banyak-anak-boleh-diberi-es-krim-dalam-sehari-B9vTVsXsQN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LAYAKNYA permen dan cokelat, es krim juga menjadi salah satu camilan favorit anak-anak. Memilih es krim sebagai camilan untuk asupan anak, boleh-boleh saja dilakukan oleh orang tua.

Meski demikian, layaknya semua makanan Anda tidak boleh terlalu banyak memberikan camilan ini ke anak Anda. tetap sesuai panduan dan tidak mengganggu jadwal makan pokok yang utama tiga kali sehari.

Untuk pembagian asupan camilan anak sebagai pendamping tiga makanan utama dalam sehari, seperti dijelaskan oleh dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), berdasarkan pada rekomendasi World Health Organization (WHO) dalam satu hari batas asupan kalori yang masuk ke tubuh anak hanyalah sebesar 330 kalori.

es krim

“Cara baginya, anak ada pola makan pokok tiga kali (pagi, siang, malam). Camilan, minimal 2 kali, bisa di antara makan pagi dan siang kita kasih sekali camilan, lalu di antara makanan siang dan makan malam kita kasih lagi camilan,” jelas dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dalam konferensi pers virtual.

Untuk es krim, dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), menganjurkan hanya diberikan satu kali. Untuk sesi berikutnya, anak harus diberikan jenis variasi camilan yang lain.

“Es krim boleh sekali, misalnya kita kasih pas sore. Nah antara waktu makan pagi ke makan siang, camilannya yang lain contohnya bisa buah. Prinsipnya tetap 330 kalori, kalau kebanyakan camilan nanti makan pokoknya susah karena anak sudah kekenyangan,” imbuhnya.

Dalam memilih camilan sehari-hari bagi anak, dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), mengimbau orang tua harus benar-benar cermat melihat kandungan yang terdapat di dalamnya. Bukan hanya kalori, tapi juga kandungan gula dan lemak.

“Sesuai dengan AKG (angka kecukupan gizi) berdasarkan rekomendasi WHO, dalam sehari anak-anak dan orang dewasa itu batas konsumsi gulanya enggak boleh dari 50mg, lalu untuk lemak di 10% total energi, dan untuk anak tidak lebih dari 20% energi hariannya," katanya.

"Camilan dengan kandungan gula yang tinggi, dimakan anak maka anak jadi bisa cepat mengantuk,” tutup dr. Attila Dewanti, Sp.A (K).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini