Orang Indonesia Perlu Lebih Banyak Konsumsi Tablet Tambah Darah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 01:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 481 2349357 orang-indonesia-perlu-lebih-banyak-konsumsi-tablet-tambah-darah-YaQQJIfi5S.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda kerap merasa lelah dan lemas? Mungkin hal ini membuat Anda resah, apalagi dengan maraknya virus Corona. Tapi jangan panik dulu, bisa jadi Anda hanya anemia.

Anemia adalah keadaan dimana konsentrasi hemoglobin (Hb) yang berada di dalam sel darah merah seseorang, lebih rendah dari seharusnya. Jika didiamkan terus menerus, kondisi ini akan berakibat pada menurunnya produktivitas dan prestasi seseorang. 

FKM UI, Prof. Endang Achadi menyebut anemia sebenarnya dapat dicegah dengan memperhatikan asupan nutrisi dari makanan bergizi seimbang. Salah satunya adalah pemenuhan zat besi sebagai komponen pembentukan darah. 

Anemia

“Mengonsumsi makanan bergizi seimbang termasuk di dalamnya makanan kaya sumber zat besi, baik yang berasal dari sumber makanan hewani (besi HEME) maupun nabati (non HEME),” Prof. Endang pertemuan virtual ‘Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-61 2021’.

Selain asupan makanannya yang bergizi seimbang, seseorang juga membutuhkan suplemen penambah darah untuk memenuhi kebutuhan kadar hemoglobin. 

“Mengonsumsi tablet tambah darah sesuai anjuran. Untuk Indonesia sangat penting, karena sebagian besar masyarakat Indonesia sedikit atau jarang makan pangan sumber hewani. Selain itu menjaga kebersihan juga harus dilakukan, sebab kecacingan juga dapat menyebabkan anemia,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini