"iNews Siang" Live di iNews dan RCTI+ Sabtu Pukul 11.00: Sambiloto, Si Pahit untuk Lawan Covid

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 481 2349484 inews-siang-live-di-inews-dan-rcti-sabtu-pukul-11-00-sambiloto-si-pahit-untuk-lawan-covid-tEeUA31XBC.jpg

Nama daun sambiloto belakangan jadi pembicaraan hangat karena dikabarkan bisa mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Hal ini bermula dari pernyataan Rektor Universitas Airlangga, Prof Mohammad Nasih dalam pertemuan dengan Walikota Surabaya saat itu, Tri Rismaharini, yang kini menjadi Menteri Sosial, di Lembaga Penyakit Tropik (LPT), Kampus Unair, Surabaya.

 Sambiloto

Daun dengan rasa pahit ini biasanya digunakan sebagai obat untuk penyakit malaria. Memiliki nama latin Andrographis Paniculata, tanaman ini tergabung dalam keluarga Acanthaceae dan memang biasa digunakan sebagai obat.

Tanaman ini berasal dari Asia tropika, penyebarannya dari India hingga kemudian ditemukan di Jawa. Daun sambiloto dapat tumbuh pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius.

Bahkan, terdapat klaim bahwa manfaat daun sambiloto dapat menghentikan penyebaran flu di India, meski belum ada pembuktian secara lanjut. Daun sambiloto mengandung saponin, flavonoid, alkaloid, dan tanin. Lalu apa khasiatnya? Bagaimana cara mengkonsumsinya?

Sementara itu, mantan wakil rakyat mencabuli anak kandungnya. Mirisnya, hal ini dilakukan saat sang istri tengah jalani perawatan Covid-19. "iNews Siang" akan menghadirkan perkembangan kasusnya langsung dengan Kapolresta Mataram.

Saksikan selengkapnya dalam "iNews Siang" Sabtu, 23 Januari 2021 pukul 11.00 Wib dipandu host Loviana Dian dan Arlista Hadi secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti pula program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini