Lari Pagi atau Sore, Mana yang Lebih Baik?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 02:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 612 2349366 lari-pagi-atau-sore-mana-yang-lebih-baik-440Uvi6VxD.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LARI merupakan olahraga kardio yang mudah dilakukan. Tapi, diperlukan waktu yang tepat untuk memberikan fungsi yang maksimal pada tubuh, yaitu sore hari.

Walaupun bisa disesuaikan dengan kesibukan masing-masing, tidak ada salahnya untuk mempertibangkan waktu terbaik ini. Berikut ada beberapa alasan kenapa jogging sebaiknya dilakukan pada sore hari yang dilansir dari laman Shape. Apa saja?

Kecil risiko untuk cedera

Pada sore menjelang malam, suhu inti tubuh berada dalam keadaan siap untuk merespons perubahan medan. 

Berbeda dengan melakukan lari di pagi hari, di mana otot tubuh masih kaku dan lupa meluangkan waktu untuk peregangan. Sehingga tubuh merasa dipaksa dan rentan terkena cedera.

Olahraga Lari

Menurunkan berat badan

Kondisi metabolisme pada waktu sebelum makan malam akan berfungsi penuh. Ini akan membantu tubuh untuk terus membakar kalori hingga larut malam. 

Sementara kondisi metabolisme di pagi hari masih butuh waktu untuk kembali bekerja setelah semalaman tidak makan apa-apa.

Memberikan langkah yang stabil

Langkah yang stabil dipengaruhi oleh fungsi paru-paru. Menurut penelitian dari National Center for Biotechnology Information, pada sore hari, paru-paru akan berfungsi 6% lebih baik daripada pagi hari.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini