Studi Ungkap Monyet di Bali Suka Curi Barang dan Minta Tebusan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 01:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 612 2349706 studi-ungkap-monyet-di-bali-suka-curi-barang-dan-minta-tebusan-FhsgZ1XSC6.jpg Monyet Ekor Panjang. (Foto: CNN)

APAKAH Anda pernah ke Pura Uluwatu di Bali dan bertemu monyet? Hati-hati loh, pasalnya monyet di Pura Uluwatu Bali kerap mencuri tas, topi, kacamata hitam, tablet, bahkan ponsel.

Nah, jika sudah dicuri, para monyet tersebut akan meminta tebusan berupa makanan untuk ditukar dengan barang-barang tapi. Tapi, yang lebih mengejutkan adalah jurnal sains Royal Society menyebutkan bahwa mereka mengenali barang mewah.

Para peneliti dari Universitas Lethbridge, Kanada, dan Universitas Udayana, Indonesia, menilai bahwa monyet ekor panjang di lokasi tersebut cukup cerdas mengenali barang mana yang memiliki nilai tinggi atau mahal.

monyet bali

"Ada asosiasi perilaku yang jelas antara kepemilikan barang bernilai tinggi dengan kuantitas atau kualitas hadiah makanan yang ditolak atau diterima oleh monyet. Monyet tua lebih pandai memilih barang yang jauh lebih mahal," kata penulis.

Penelitian ini dilakukan selama 273 hari dari 2015 hingga 2016, dengan observasi lanjutan pada 2019.

Baca Selengkapnya: Terungkap! Monyet Bali Bisa Mengenali Barang Mewah

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini