Sebelum dan Setalah Vaksin Covid-19, Perlukah Mengonsumsi Makanan Khusus?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 612 2349718 sebelum-dan-setalah-vaksin-covid-19-perlukah-mengonsumsi-makanan-khusus-7UAhu24d9T.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PROGRAM vaksinasi Covid-19 di Indonesia gelombang pertama diketahui sudah dimulai sejak 13 Januari lalu. Ditandai dengan penyuntikan pertama kepada Presiden Joko Widodo sebagai kepala negara.

Setelah itu, seperti yang sudah dijadwalkan oleh Kementerian Kesehatan RI, selanjutnya sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan akan diprioritaskan untuk vaksinasi Covid-19. Baru setelahnya, menyusul kelompok golongan masyarakat umum.

Jelang vaksinasi, mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, apakah ada makanan yang boleh dan tidak dikonsumsi sebelum dan usai disuntik vaksin Covid-19?

Menjawab pertanyaan di atas, Prof. Dr. Kusnadi Rusmil, dr., Sp.A(K), MM selaku Ketua Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 menjelaskan, sejatinya tidak ada makanan atau minuman spesial yang yang dianjurkan dan tidak boleh dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksin.

“Makan apa saja enggak apa-apa, secukupnya. Jangan jadi kekenyangan juga, intinya enggak ada yang khusus spesial gitu. Biasa saja, menu makanan setiap hari yang penting bergizi dan seimbang,” jelas Prof. Dr. Kusnadi dalam konferensi pers ‘Update Perkembangan Vaksinasi Covid-19”.

Hal yang sama ditambahkan oleh Prof. Dr. Kusnadi terkait perilaku khusus selain protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air dan sabun). Sebelum dan pasca0divaksin Covid-19 nanti, masyarakat tidak perlu melakukan tindakan yang spesial hanya karena sudah dimasukkan vaksin Covid-19.

Hanya saja, kita perlu menjaga diri agar tetap sehat, tidur yang cukup. Dengan demikian, ketika menerima vaksin kita dalam keadaan fit dan tidak mengalami kelelahan. "Kalau perlakuan spesifik gitu enggak ada, vaksinasi itu enggak akan mengubah kebiasaan kita sehari-hari,” pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini