Mengantuk Usai Dapat Vaksin Covid-19, Berbahaya Gak Sih?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 612 2349721 mengantuk-usai-dapat-vaksin-covid-19-berbahaya-gak-sih-ruy3vC83MR.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

VAKSIN Covid-19 memang bisa membuat efek samping yang berbeda pada setiap orang. Efek yang ditimbulkan pasca-vaksinasi, tak melulu hanya demam ringan atau tangan merasa pegal, tetapi bisa juga merasakan kantuk yang cukup hebat.

Seperti contohnya yang dirasakan oleh dr. Reisa Broto Asmoro dan Ariel NOAH, yang berkesempatan divaksinasi Covid-19 di hari pertama dan kedua, 13 dan 14 Januari lalu.

Mengutip tayangan siaran di akun Instagram pribadi dr. Reisa, Ariel menuturkan usai vaksin di pagi hari, lalu ketika malam hari datang tiba-tiba rasa kantuk yang cukup hebat.

“Biasanya mengantuk itu di jam 2-3 dini hari, nah kemarin setelah suntik vaksin di hari pertama itu jam 8 malam sudah mengantuk. Mengantuknya kayak enggak biasa, tapi setelah itu hari kedua dan seterusnya sampai sekarang normal-normal saja,” kata Ariel.

Senada dengan Ariel, dr. Reisa mengaku juga merasakan efek samping yang sama. Di sore hari, ia sudah mengantuk berat meskipun tubuhnya tidak terasa lelah.

“Hari pertama itu lengan kiri pegal, habis itu mengantuk. Bawaannya ingin memejamkan mata, badan rasanya enggak capek tapi rasanya mengantuk,” imbuhnya.

Terkait dengan efek samping mengantuk usai divaksinasi Covid-19, dituturkan Prof. Dr. Kusnadi Rusmil, dr., Sp.A(K), MM, Ketua Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 , saat uji klinis memang terjadi kejadian mengantuk pada relawan yang diuji klinis.

“Habis disuntik dalam hari-hari uji klinis, memang ada yang sensitif, yang mengantuk itu ada. Sedikit ngantuknya, enggak yang terlalu ngantuk. Tapi kalau ngantuk kan tidur saja, setelah tidur kan jadi segar,” jelas Prof. Dr. Kusnadi Rusmil, dalam konferensi pers virtual ‘Update Perkembangan Vaksinasi Covid-19”.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini