Sederet Manfaat Pisang untuk Diet, Cocok Juga untuk Camilan saat Olahraga

Uthari Handayani, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 612 2349857 sederet-manfaat-pisang-untuk-diet-cocok-juga-untuk-camilan-saat-olahraga-V7snd5BBDa.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUAH memang memiliki banyak manfaat, contohnya pisang untuk diet. Ini tidak lain adalah karena pisang bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Bahkan, pisang juga menjadi makanan yang wajib sebelum memulai olahraga. Beberapa atlet pun, seperti atlet sepeda, bahkan makan pisang di sela-sela lomba.

Melansir dari Healthline, nutrisi penting yang dikandungnya meliputi karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Lantas apa saja kah yang membuat buah ini cocok dikonsumsi saat diet?

pisang

Rendah kalori

Satu pisang ukuran sedang hanya mengandung 105 kalori yang sudah bisa menutupi 12% asupan harian. Kandungan seratnya yang tinggi penting sekali untuk menjaga kesehatan pencernaan yang dikaitkan dengan penurunan berat badan dan rasa kenyang lebih lama.


Pisang hijau tinggi pati resistan

Pisang hijau atau yang masih mentah akan mengandung lebih banyak pati resistan dari pada yang matang. Pati ini berperan dalam proses pencernaan sebagai serat larut dalam tubuh. Terbukti dapat menurunkan berat badan, penurunan kadar gula darah, dan meningkatkan pembakaran lemak.


Salah satu buah yang mengenyangkan

Kandungan seratnya yang tinggi dan rendah kalori menjadikan pisang sebagai pilihan yang tepat untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Sama halnya dengan buah lain, seperti apel dan jeruk.

Rendah Indeks Glikemik (GI)

Ukuran makanan dengan kadar gula rendah dihitung berdasarkan Indeks Glikemik (GI). Ini berlaku juga untuk pisang dengan berbagai macam tingkatan tergantung kematangan buahnya.

Pisang sendiri berada di rentang 42-62 skor GI yang berarti rendah hingga sedang, sehingga tetap bagus dimakan saat diet dengan porsi yang tepat untuk bantu rasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Makanan yang ramah diet

Meskipun belum ada penelitian terhadap pisang yang dapat menurunkan berat badan. Tapi dapat dilihat dalam kandungannya sendiri yang sangat ramah diet. Tidak ada salahnya mengonsumsi pisang sebagai makanan bernutrisi seimbang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini