Anak Anda Mulai Membulat? Ini 5 Tips Jaga Berat Badannya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 612 2349903 anak-anda-mulai-membulat-ini-5-tips-jaga-berat-badannya-MTwhrETVuB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAIK orang dewasa maupun anak-anak, kelebihan berat badan pada usia berapa pun dapat membuka jendela untuk beberapa masalah kesehatan. Ini dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Saat ini, obesitas anak telah menjadi masalah kesehatan yang serius di kalangan penduduk perkotaan. Tetapi ini dapat dengan mudah dikelola dengan membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup.

Melansir Times of India, berikut 5 tips yang bisa orangtua lakukan untuk membantu anak menjaga berat badan.

obesitas

Konsumsi makanan sehat

Mengembangkan kebiasaan makan yang sehat di masa kanak-kanak diperlukan untuk mengatur berat badan. Dorong anak Anda untuk makan sayur, buah, dan biji-bijian serta minum lebih banyak air.

Berolahraga

Dorong anak Anda untuk bermain game outdoor atau jalan cepat bersama mereka. Penting bagi anak-anak untuk aktif secara fisik.

Tidur

Kurang tidur bisa membuat mereka makan berlebihan. Anak-anak membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa dan jumlah jam tidur bervariasi sesuai usia.

Hindari memberi label pada makanan

Jangan memberi label makanan sebagai baik atau buruk. Kapan pun Anda ingin mereka makan dengan sehat, gunakan kata-kata afirmatif seperti wortel yang baik untuk mata. Ini akan membantu mereka memahami pentingnya makan sehat.

Hindari makanan olahan

Makanan olahan seperti keripik dan cokelat juga dapat berkontribusi pada penambahan berat badan. Sebaliknya, tawarkan camilan sehat seperti buah segar, sereal gandum, kacang-kacangan, dan yoghurt.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini