Mulai Tak Pernah Bertengkar dengan Pasangan? Bisa Jadi Hubungan Kalian Retak

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 612 2349946 mulai-tak-pernah-bertengkar-dengan-pasangan-bisa-jadi-hubungan-kalian-retak-cDmwEW2LMU.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJALIN hubungan asmara dengan seseorang, memang biasanya diawali dengan rasa ketertarikan satu sama lain. Tak hanya di awal berpacaran, tetapi rasa tertarik atau minat kepada kekasih juga harus tetap ada dan dijaga selama berhubungan.

Mungkin, dalam perjalanan hubungan asmara tersebut mulai memudar. Ada sebagian orang yang peka dan langsung sadar jika sang kekasih mulai menarik diri, tapi ada juga yang tidak.

Menurut para ahli, ada sederet tanda-tanda yang bisa dilihat saat seseorang sudah mulai hilang rasa tertarik dengan pasangannya dan mulai menarik diri. Merangkum Huffingtonpost, yuk simak ulasan singkatnya berikut ini.

Stop menanyakan hal-hal kecil

Disebutkan Isiah McKimmie, terapis pasangan, pasangan kekasih yang punya hubungan asmara yang sehat itu memiliki ketertarikan yang tulus pada kehidupan satu sama lain, bukan hanya dalam hal hal utama, tetapi juga hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Maka, ketika pasangan mulai mengabaikan pasangan atau hubungan asmara yang dijalani, biasanya mereka akan berhentik tertarik dan menanyakan hal-hal kecil yang terjadi pada pasangannya.

pacaran

Lambat merespons

Lambat merespons di sini, maksudnya adalah lebih lambat dalam menjawab telefon atau membalas chat pesan daripada yang biasanya.

“Orang bisa mulai menarik diri dengan cara yang halus, jadi seberapa responsif seseorang terhadap diri kita mungkin menjadi indikator bahwa mereka kehilangan minat. Tanda umumnya, mereka butuh waktu lama untuk merespons pesan atau panggilan telepon. Bisa juga membuat alasan bahwa mereka sibuk bekerja atau lupa menjawab,” kata psikolog Gina Delucca.

Berhenti berargumen

Mulai jarang adu argumen dengan pacar? Jangan senang dulu, karena ini tak selalu jadi pertanda bagus. Sebab, saat bertengkar atau adu argumen (dengan cara yang sehat) sebetulnya itu tanda saling peduli satu sama lain.

“Kita bertengkar saat kita peduli, saat kita tidak merasa didengarkan dan ingin dilihat. Ketika seseorang berhenti bertengkar, ini bisa menjadi tanda kehilangan minat dalam hubungan,” jelas psikolog Anne Crowley.

Jarang bermesraan

Awal pacaran ada masa ‘new relationship energy’ yakni ketika energi dua orang yang menjalin hubungan tersebut masih sangat menggebu-gebu. Disebutkan psikolog Jamie Goldstein, maka tak heran saat awal pacaran biasanya orang akan begitu mesra atau lengket dengan kekasihnya.

Tapi seiring berjalannya hubungan, saat ketertarikan mulai kurang begitu juga dengan physical affection sehingga mulai jarang menyentuh pasangan atau menunjukkan kasih sayangnya lewat sentuhan fisik.

Berhenti berusaha

Meski tak melulu menghabiskan waktu dengan teman-teman dan keluarga, tapi normalnya seseorang akan mau berusaha meluangkan waktunya demi keluarga dan teman-teman pasangannya. Maka, ketika si dia sudah tak mau berusaha terhadap teman-teman dan keluarga Anda, ini bisa jadi tanda jelas pacar sudah hilang minat.

“Jika pasangan kita tidak lagi berusaha dengan teman atau keluarga Anda, mereka tidak berusaha untuk menjalin hubungan,” ujar terapis Isiah McKimmie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini