Bikin Kue Tanpa Telur, Ini Bahan Alternatif Penggantinya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 23:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 298 2350633 bikin-kue-tanpa-telur-ini-bahan-alternatif-penggantinya-pDj2Zek5zR.jpg Ilustrasi telur. (Foto: Freepik)

TELUR merupakan bahan makanan yang sering dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu. Cara menikmatinya pun berbeda-beda, ada yang digoreng, direbus, atau dijadikan bahan campuran masakan.

Salah satu bahan pembuat kue, biskuit, ataupun brownies yaitu telur. Mencampurkan telur mentah, baik putih maupun kuningnya saja, ke bahan dapat membuat adonan menjadi mengembang saat sudah matang.

Baca juga: Sering Gagal Bikin Telur Over Easy? Simak Cara Jitu Memasaknya 

Tetapi tahukah Anda bahwa tidak harus menggunakan telur sebagai bahan campuran kue? Seperti dilansir BBC Food, berikut bahan pengganti telur untuk membuat kue, tetapi tetap ikuti resep yang telah teruji ya.

1. Bubuk pengembang + bikarb + cuka

Ini adalah perpaduan bahan untuk membuat kue yang lembut. Namun dengan resep ini roti bisa menjadi sedikit kering, dan terlalu banyak bahan pengangkat akan memberikan rasa logam. Selalu saring soda bikarbonat agar gumpalan kecil tersebar secara merata. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak susu atau yoghurt ke resep, membekukan, atau menumpuk banyak krim kocok dan buah segar.

Kue. (Foto: BBC Food)

2. Pisang tumbuk + baking powder

Telur memberikan kelembutan dan kelembapan, begitu pula pisang tumbuk. Kue pisang bebas telur ini seperti halnya muffin pisang.

Satu butir telur = ½ pisang (dihaluskan dan ditambahkan ke bahan basah) + ¼ sendok teh baking powder (tambahkan ke bahan kering).

Baca juga: 5 Cara Bikin Sampo dan Kondisioner Alami dari Telur, Rambut Makin Berkilau 

3. Biji rami atau biji chia + air

Kombinasi biji rami yang direndam dan digiling dan air menjadi pengganti telur yang luar biasa karena bertindak sebagai pengikat dan mengunci kelembapan. Biji rami memang memiliki sedikit rasa pahit pedas, jadi gunakan pada roti dengan bumbu, cokelat atau kacang sebagai pelengkap.

Satu butir telur = 1 sendok makan biji rami bubuk + 3 sendok makan air, rendam selama 5–10 menit.

4. Aquafaba

Air dari kaleng buncis (tidak diasinkan) menjadi pengganti putih telur yang serbaguna. Aquafaba membantu mengikat roti. Ini juga menambah kelembapan dan kekenyalan pada kue, seperti kue almond bebas telur dan bebas gluten.

Satu butir putih telur = 2 sendok makan aquafaba.

Baca juga: 5 Makanan yang Mengandung Protein Lebih Banyak dari Telur, Apa Saja? 

5. Tahu sutra

Dalam memanggang, tahu sutra yang dicampur digunakan bersama dengan bahan tambahan-tambahan dan bahan asam seperti buttermilk atau yoghurt untuk memberikan hasil yang lembap dan padat yang sesuai dengan kue pon, brownies, atau kue cokelat basah. Tahu sutra juga dapat digunakan dalam makanan manis yang belum dipanggang, misalnya pada mousse dan puding.

Kue. (Foto: BBC Food)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini