Jika Vaksin Pfizer dan Moderna Datang, Perlukah Uji Klinis di Indonesia?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 481 2350268 jika-vaksin-pfizer-dan-moderna-datang-perlukah-uji-klinis-di-indonesia-81VPqVD7Ii.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: USC News)

Vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia tidak hanya Sinovac, melainkan Novavax, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan COVAX/GAVI.

Menjadi pertanyaan sekarang, apakah vaksin-vaksin tersebut akan dilakukan uji klinis di Indonesia serupa dengan vaksin Sinovac yang diuji klinis di Bandung?

 Vaksin Covid-19

"Beberapa vaksin lain akan masuk ke Indonesia meskipun tidak dilakukan uji klinis di Indonesia, tapi kami dapat meminta hasil uji klinisnya terkait dengan khasiat dan keamanan. Jadi, ya, enggak asal kita terima begitu saja," kata Juru Bicara Badan Pengawas Obat dan Makanan, Rizka Andalusia, di Webinar, kemarin (24/1/2021).

Kekhawatiran masyarakat pun meningkat karena banyak informasi yang menjelaskan efek samping kurang baik dari vaksin selain Sinovac tersebut. Salah satu yang terbaru adalah vaksin Covid-19 produksi Pfizer yang diduga pernah menyebabkan kematian pada lansia.

Menyikapi hal tersebut, Rizka menjelaskan bahwa berita terkait dengan reaksi alergi hingga kematian itu harus diamati dulu. Sebab, belum tentu reaksi alergi atau kematian yang dikabarkan itu disebabkan oleh vaksin.

"Contohnya vaksin Pfizer, ada pemberitaan bahwa lansia meningggal setelah mendapatkan Pfizer. Tapi, ternyata setelah dilakukan kajian mendalam didapati fakta bahwa yang bersangkutan sudah punya penyakit berat, sehingga meniggalnya bukan karena vaksinnya tapi karena penyakit komorbid seriusnya," papar Rizka.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini