Mengenal 6 Jenis Serum Kulit Wajah, Atasi Kerutan hingga Jerawat

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 481 2350433 mengenal-6-jenis-serum-kulit-wajah-atasi-kerutan-hingga-jerawat-kBPKD4Fajp.jpg Ilustrasi serum kulit wajah. (Foto: Freepik)

SETIAP orang menginginkan kulit wajah yang mulus dan cantik. Untuk mendapatkannya, biasanya mereka menggunakan berbagai produk perawatan kulit, seperti krim siang, krim malam, masker, pelembap, hingga serum.

"Serum memiliki bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembap biasa. Serum diformulasikan untuk menembus ke dalam kulit dan mengunci kelembapan di dalamnya," kata Deanne Robinson MD, dokter kulit bersertifikat di Westport, Connecticut, Amerika Serikat, seperti dinukil dari Everyday Health, Senin (25/1/2021).

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Kerusakan Kulit saat Stres 

Biasanya serum digunakan setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembap. Serum memiliki berbagai varian formula untuk berbagai masalah kulit, jadi pilihlah sesuai jenis dan masalah kulit yang dimiliki.

Berikut ini beberapa serum yang sesuai dengan masalah kulit yang dialami.

1. Retinol untuk mengatasi garis halus, kerutan, dan memperbaiki tekstur kulit

Kolagen hilang secara alami seiring bertambahnya usia sehingga terjadi pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Untuk mengatasinya, Anda perlu meningkatkan pergantian sel kulit dan merangsang produksi kolagen. Maka itu, gunakan serum retinol. Demikian dijelaskan kata Angela Lamb MD, profesor di departemen dermatologi di Mount Sinai, New York, Amerika Serikat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2017 di Archives of Dermatological Research, retinol dapat meningkatkan kadar asam hialuronat, mengencangkan, dan menghidrasi.

Serum. (Foto: Jcomp/Freepik)

2. Bakuchiol untuk menghaluskan garis dan kerutan kulit sensitif

Bakuchiol merupakan retinol alami yang berasal dari daun tanaman Psoralea corylifolia. Ini berfungsi seperti retinol, tetapi cenderung tidak memicu reaksi, seperti kemerahan dan pengelupasan. Jadi ini bisa menjadi pilihan produk anti-penuaan yang lebih lembut. Demikian kata dr Deanne Robinson MD.

Dalam sebuah studi yang terbit pada Februari 2019 di British Journal of Dermatology menemukan retinol dan bakuchiol sama-sama mengurangi munculnya keriput dan hiperpigmentasi, tetapi bakuchiol lebih sedikit menimbulkan efek samping.

Baca juga: Mau Kulit Sehat dan Cantik, Pakai 4 Bahan Dapur Ini 

3. Hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit kombinasi atau berminyak

Dokter Angela Lamb MD mengatakan serum dengan kandungan Hyaluronic acid memiliki formulasi yang sangat ringan, bisa digunakan sebagai pengganti lotion atau krim pelembap tradisional yang menyebabkan jerawat.

Menurut American Academy of Dermatology, ini kecil kemungkinan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

4. Salicylic acid untuk mengurangi munculnya pori-pori dan mencegah jerawat

Serum diformulasikan secara khusus untuk membersihkan kotoran. "Ukuran pori yang besar mengakibat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan bercampur minyak," kata dr Robinson.

Dia merekomendasikan penggunaan kombinasi asam alfa hidroksi (AHA), seperti asam glikolat atau laktat untuk menghilangkan pori-pori, bersama dengan salicylic acid yang merupakan asam beta hidroksi (BHA). "Salicylic melembutkan dan melarutkan keratin yang menyumbat pori," katanya.

Baca juga: Jus Kentang Punya Banyak Khasiat untuk Kulit Tubuh, Termasuk Redakan Eksim 

5. Resveratrol untuk melindungi kulit dan memperlambat penuaan

Resveratrol adalah polifenol, senyawa tumbuhan yang ditemukan dalam anggur. Resveratrol adalah salah satu bahan favorit, karena ini antioksidan yang sangat hebat dengan banyak penelitian di belakangnya.

Menurut ulasan yang diterbitkan pada Mei 2018 di Journal of Cosmetic and Laser Therapy, tidak hanya terbukti dapat merangsang produksi kolagen, tetapi sifat antioksidan juga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta memperlambat penuaan.

Baca juga: 8 Tips Kulit Tetap Terjaga, meskipun Sering Cuci Tangan 

6. Tiga antioksidan dan peptida untuk hilangkan masalah pigmen dan tingkatkan kecerahan

Guna mengatasi kulit kusam dan bintik hitam, para ahli kulit menyukai penggunaan vitamin C. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C merupakan antioksidan kuat yang efektif mengurangi pigmentasi yang tidak diinginkan dan mencegarahkan bintik hitam.

Dokter Robinson merekomendasikan serum mengandung vitamin C dengan asam ferulic, phloretin (dua antioksidan lainnya) dan peptida.

"Vitamin C dikenal sebagai bahan yang rewel, dan keberadaan asam ferulic memperpanjang umur dan efektivitas vitamin C," kata Robinson.

Menurut sebuah penelitian, phloretin adalah antioksidan kuat lainnya yang telah terbukti menstabilkan C dan asam ferulic.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini