8 Asupan Sehat yang Ampuh Redakan Stres, Yuk Dicoba

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 481 2350573 8-asupan-sehat-yang-ampuh-redakan-stres-yuk-dicoba-oy4mG5k501.jpg Ilustrasi stres. (Foto: Shutterstock)

ASUPAN sehat bisa jadi salah satu jalan yang efektif untuk meredakan stres. Melampiaskan stres dengan mengonsumsi asupan sehat dapat meningkatkan kadar serotonin, sehingga membuat suasana hati jadi lebih baik. Sementara kadar kortisol dan adrenalin yang memengaruhi hormon stres akan terputus.

Ada beberapa asupan sehat yang bisa diandalkan untuk meredakan stres. Pasalnya, makanan atau minuman ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Ini Asupan yang Sehat Selama Isolasi Mandiri Menurut WHO 

Mengutip dari WebMD, Senin (25/1/2021), berikut ini asupan sehat yang bisa membantu seseorang meredakan stres.

Roti gandum. (Foto: Boldsky)

1. Karbohidrat kompleks

Senyawa serotonin bisa dihasilkan dengan dorongan karbohidrat yang dikonsumsi. Pilihan terbaik untuk mendapatkannya adalah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, pasta, dan oatmeal.

2. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana memiliki reaksi yang sama seperti karbohidrat kompleks terhadap senyawa serotonin. Namun, memiliki durasi waktu yang singkat. Ini bisa dijadikan alternatif dalam keadaan darurat. Karbohidrat sederhana di antaranya makanan dan minuman manis. Walaupun sedikit berperan, tetap harus membatasi asupannya.

Baca juga: Ini 6 Asupan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Sakit Demam Berdarah 

3. Jeruk

Penelitian membuktikan bahwa vitamin C pada jeruk dapat mengurangi kadar hormon stres sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Bayam

Berikan tubuh asupan magnesium yang cukup. Kekurangan mineral ini dapat memicu sakit kepala, kelelahan, dan memperparah stres. Konsumsi setidaknya satu cangkir bayam atau sayuran hijau lainnya.

5. Ikan berlemak

Asam lemak omega-3 pada ikan dapat mencegah lonjakan hormon stres dan membantu melindungi dari penyakit jantung, depresi, dan sindrom pramenstruasi.

6. Teh hitam

Minum teh hitam dapat membantu meredakan stres lebih cepat karena bisa menenangkan dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Baca juga: Tambah Berat Badan, Konsumsi 7 Asupan Sehat Ini Ya 

Sayuran. (Foto: Healththoroughfare)

7. Sayuran mentah

Renyahnya sayuran mentah yang bisa didapatkan dari wortel atau batang seledri dapat membantu meredakan stres dengan cara mekanis murni. Ini membantu melepaskan rahang yang terkatup rapat dan menangkal ketegangan.

8. Susu

Minumlah segelas susu hangat sebelum tidur. Kalsium dalam susu terbukti meredakan kecemasan dan perubahan suasana hati. Ahli diet menyarankan susu skim atau susu rendah lemak.

Baca juga: Suka Kerja Overtime, Ini 7 Nasihat dari Psikolog 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini