Yuk Kenali Lagi Gejala Covid-19 dari Ringan hingga Serius

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 481 2350619 yuk-kenali-lagi-gejala-covid-19-dari-ringan-hingga-serius-jcxdyEpg7Z.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KASUS positif Covid-19 terus mengalami peningkatan, bahkan kasus positif rate Indonesia mencapai 33 persen, jauh lebih tinggi dari standar World Health Organization (WHO).

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka terinfeksi, lantaran menganggap gejala Covid-19 adalah kehilangan indra penciuman dan pengecapan. Padahal, tidak selalu gejala tersebut hadir pada orang yang terinfeksi.

Memang, Covid-19 memengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda. Kebanyakan orang yang terinfeksi akan mengembangkan penyakit ringan hingga sedang dan pulih tanpa dirawat di rumah sakit.

Berikut gejala Covid-19 dari yang ringan hingga paling buruk, seperti dilansir dari WHO.

covid

Gejala umum:

Demam

Batuk kering

Kelelahan

Gejala yang kadang terjadi:

Sakit dan nyeri

Sakit tenggorokan

Diare

Konjungtivitis

Sakit kepala

Kehilangan penciuman atau pengecapan

Ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki

Gejala serius:

Kesulitan bernapas atau sesak napas

Nyeri atau tekanan dada

Kehilangan bicara atau gerakan

"Cari pertolongan medis segera jika Anda mengalami gejala serius. Selalu hubungi sebelum mengunjungi dokter atau fasilitas kesehatan Anda," tulis WHO.

Sementara orang dengan gejala ringan yang sehat harus diam di rumah. "Rata-rata diperlukan waktu 5–6 hari sejak seseorang terinfeksi virus untuk menunjukkan gejala, namun dapat memerlukan waktu hingga 14 hari," jelas WHO dalam keterangan tertulisnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini