Selain Rawat Kesehatan Mata, Ini Fungsi Retinoid untuk Atasi Masalah Kulit

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 481 2350626 selain-rawat-kesehatan-mata-ini-fungsi-retinoid-untuk-atasi-masalah-kulit-adShx8YqB0.jpg Ilustrasi penggunaan retinoid untuk kesehatan kulit. (Foto: WebMD)

RETINOID merupakan senyawa kimia yang kandungannya berhubungan dengan vitamin A. Retinoid umumnya digunakan untuk merawat kesehatan mata, pertumbuhan, kekebalan tubuh (imun), dan reproduksi.

Tetapi sejak 1971, retinoid pertama kali disetujui sebagai obat untuk semua permasalahan kulit. Misalnya mengatasi jerawat, kerutan, menjaga elastisitas kulit, serta mencerahkan flek hitam (hiperpigmentasi) akibat paparan sinar matahari.

Baca juga: Petumbuhan Jutaan Anak Terhambat Akibat Kekurangan Zat Besi 

Seperti dikutip dari WebMD, Senin (25/1/2021), berikut ini ulasan fungsi retinoid yang bekerja dalam berbagai masalah kulit beserta cara penggunaannya.

1. Retinoid untuk jerawat

Saat dioleskan ke kulit, retinoid dapat membuka pori-pori, sehingga krim dan gel obat lain dapat bekerja lebih baik pada kulit. Retinoid juga membersihkan dan mengurangi munculnya jerawat, serta mengurangi bekas jerawat.

Cara menggunakan: Oleskan krim retinoid seukuran kacang polong di atas kulit Anda sekitar 20 sampai 30 menit setelah mencuci muka. Cukup gunakan sekali dalam sehari. Jika munculnya kemerahan, pengelupasan kulit, atau memburuknya jerawat pada saat pemakaian pertama, Anda bisa meminimalisasinya dengan menggunakan produk setiap dua hari sekali hingga tubuh terbiasa, atau mencampurkannya dengan pelembap.

Baca juga: Mengenal 6 Jenis Serum Kulit Wajah, Atasi Kerutan hingga Jerawat 

2. Retinoid untuk keriput

Tretinoin adalah retinoid pertama yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat untuk mengobati keriput. Ini bekerja dengan meningkatkan pembuatan kolagen baru, merangsang pembuluh darah baru di kulit, memudarkan bintik-bintik penuaan, dan mengurangi bintik-bintik kulit prakanker yang disebut keratosis aktinik. Tretinoin juga dapat membantu mencegah efek radiasi ultraviolet yang lebih serius.

Cara menggunakan: Oleskan ke wajah, leher, dada, tangan, dan lengan bawah dua kali seminggu.

Baca juga: 11 Negara Ini Masuk Daftar Bebas Covid-19, Mana Saja Ya? 

3. Retinoid untuk psoriasis

Retinoid dapat memperlambat pertumbuhan sel kulit pada penderita psoriasis. Oleskan sedikit pada setiap luka sekali sehari sebelum tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini