Manfaat Bunga Mawar untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 611 2350614 manfaat-bunga-mawar-untuk-menjaga-kecantikan-kulit-HJAQ4bhGfp.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUNGA mawar punya banyak khasiat untuk perawatan kulit. Penambahan ekstrak bunga mawar dalam kosmetik diklaim mudah menutrisi kulit.

Banyak peneliti dari Indonesia yang memanfaatkan bunga mawar sebagai esktrak bahan yang digunakan dalam sebuah kosmetik. Lebih bermanfaat lagi jika ditambahkan daun pegagan.

Secara khasiat, bunga mawar dan daun pegagan mengandung bahan aktif untuk kesehatan kulit. Bunga mawar berkhasiat untuk melembapkan kulit, membantu mengatasi peradangan pada kulit, menangkal radikal bebas perusak sel-sel kulit, sehingga membuat kulit tampak awet muda.

 mawar

Selain itu ekstrak bunga mawar juga dapat membantu mengatasi jerawat, sedangkan daun pegagan berkhasiat melembapkan kulit, serta membantu mengatasi jerawat dan penuaan dini.

Baca Juga: 4 Koleksi Kacamata Arya Saloka, Paling Mahal Rp6,5 Juta!

Lalu tren kosmetik saat ini salah satunya adalah memasukkan bahan alami. Seperti menggunakan helai mahkota bunga atau helai daun suatu tanaman ke dalam larutan kosmetik.

“Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kestabilan bahan alami utuh, dalam hal ini helai bunga mawar dan daun pegagan, agar bertahan lama, tidak mudah terdegradasi atau rusak," ujar Netty dari R&D Nose Herbalindo katanya lewat keterangan resminya.

Selain penambahan ekstrak yang menutrisi kulit, penambahan bahan alami utuh akan meningkatkan nilai estetika sediaan kosmetik tersebut. Cara ini membutuhkan inovasi agar bunga yang dimasukkan tetap segar.

Salah satu tim penelitinya, Cheryl Ariela menjelaskan, bunga mawar mengandung senyawa antosianin dan flavonol dari golongan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Bunga mawar juga berfungsi untuk menghidrasi dan menenangkan kulit (calming).

"Sedangkan pegagan mengandung senyawa katesin dan kuersetin dari golongan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu juga mengandung senyawa asiaticoside yang tergolong sebagai saponin yang berfungsi untuk meningkatkan sintesis kolagen di kulit," katanya.

Dalam studinya, Cheryl dibantu oleh peneliti dari Universitas Indonesia Prof Dr Yoki Yulizar, MSc dan Marcony Surya dari Laboratorium Nano Interfacial Chemistry, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI, mulai September 2020 hingga Juli 2021.

Marcony mengungkapkan, normalnya bagian utuh bahan alami atau tanaman akan terdegradasi dalam larutan kosmetik setelah satu bulan.

"Penelitian akan memberikan perlakuan (treatment) khusus untuk meningkatkan kestabilan bahan alami sehingga masa simpannya menjadi lebih lama," papar Marcony.

Baca Juga: Jangan Takut Divaksin Covid-19, Ini Manfaatnya

studi

Saat ini tahapan penelitian sudah sampai pada tahap uji karakterisasi dan uji kestabilan. Uji kestabilan, lanjut Marcony, mengambil parameter thermal dan fisik bahan alami tersebut.

Marcony melanjutkan, penelitian ini terbilang baru di Indonesia. Karena itu, pihaknya antusias menyambut baik studi ini.

"Selain khasiatnya yang bagus untuk kulit, ketersediaan bunga mawar dan daun pegagan di Indonesia cukup banyak dan mudah didapat," ujar Marcony.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini