Ingin Dapat Vaksin Covid-19? Silahkan Daftar di Aplikasi PeduliLindungi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 612 2350509 ingin-dapat-vaksin-covid-19-silahkan-daftar-di-aplikasi-pedulilindungi-51lUjMrUON.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN berupaya mensukseskan program vaksinasi Covid-19 pemerintah dengan memperbarui aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa bulan lalu, namun terus mendapatkan pembaruan.

Sebagaimana diketahui aplikasi PeduliLindungi ini bermanfaat untuk tracing, tracking, dan fencing melalui infrastruktur sistem dan aplikasi telekomunikasi untuk mendukung surveilans kesehatan sesuai dengan Keputusan Menteri Kominfo No. 171 tahun 2020.

Kominfo sendiri, menegaskan bahwa aplikasi PeduliLindungi aman untuk digunakan. Bahkan aplikasi yang berbasis di website, android dan IoS juga digunakan untuk mendukung pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Jasa Telekomunikasi Ditjen PPI Kemkominfo, Gunawan Hutagalung.

"Memang dulu banyak data yang diminta. Kalau sekarang hanya sedikit data yang diminta. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk membuat teman-teman nyaman. Kalau kata pak menteri harus dijaga 24 jam x 7," terang Gunawan, dalam diskusi daring ‘Kapan Saya Divaksin’ di channel YouTube Kemkominfo TV.

Selain masalah keamanan data, masyarakat juga kerap mengeluhkan baterai ponsel yang cepat panas saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Hal ini terjadi karena penggunaan bluetooth sebagai sumber data yang membuat konsumsi baterai menjadi boros. Namun, Gunawan menyebut bahwa hal ini sudah tidak berlaku lagi pada aplikasi PeduliLindungi yang baru.

Saat ini, aplikasi PeduliLindungi juga dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran vaksinasi. Jadinya masyarakat dapat mengakses banyak hal dalam satu aplikasi yang ada dalam ponsel masing-masing.

“Sekarang sudah tidak karena sudah tidak pakai bluetooth. Harapannya nanti masyaakat bisa lebih enak menggunakannya. Peduli lindungi ada 2 jalur, di web dan aplikasi. Kemarin banyak yang menggunakan web, jadi ini harus disebar infonya biar bisa daftar vaksinasi pakai aplikasi. Karena enggak bagus juga kalau di web semua,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini