Harus Kuliah Online? Coba 5 Tips Ini agar Tetap Semangat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 612 2350538 harus-kuliah-online-coba-5-tips-ini-agar-tetap-semangat-m6xB7M2z2O.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 berdampak pada kehidupan manusia. Salah satunya aktivitas yang terhambat akibat Covid-19 adalah dunia pendidikan. Sebagaimana diketahui, selama masa pandemi, kegiatan belajar mengajar sepenuhnya dialihkan dengan cara daring.

Tentunya pengajaran secara daring memberikan perbedaan dan tantangan tertentu bagi para pelajar. Banyak plus minus maupun hal-hal baru selama belajar online yang tidak bisa dilakukan dalam pengajaran tatap muka.

Merangkum dari Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi @ditjen.dikti, berikut lima tips kuliah daring agar berjalan lebih efektif. Yuk disimak.

Buat daily reminder

Daily reminder dapat mengurangi rasa malas dan mager (malas gerak) akibat perkuliahan yang dilakukan hanya di rumah. Menulis daily reminder juga dapat meningkatkan produktivitas seseorang selama kuliah daring.

kuliah online

Simak dan catat hal penting layaknya kuliah di kampus

Kalau cuma disimak tanpa dicatat, dapat dipastikan seseorang akan cepat lupa. Menulis catatan merupakan salah satu teknik belajar yang efektif untuk memperdalam pemahaman seseorang atas materi yang sudah diberikan oleh dosen.

Olahraga rutin

Olahraga ternyata mampu membuat seseorang mengelola stres dan membuat pikiran jauh lebih fresh. Belum lagi, kalau seseorang harus menjalani kuliah daring dengan duduk menghadap laptop atau komputer.

Kerjakan tugas sesuai deadline

Selama kuliah daring, dosen terkadang memilih untuk memberikan tugas-tugas sebagai pengganti perkuliahan tatap muka. Jadi pastikan untuk selalu menyelesaikan tugas sesuai dengan waktunya.

Selalu berpikir positif

Tanamkan pikiran bahwa class from home sama saja dengan kuliah tatap muka pada umumnya. Hanya saja tempat, sistem, dan suasana saja yang berbeda. Ada baiknya untuk menikmati prosesnya, agar seseorang tidak merasa terbebani saat belajar.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini