Sudah Divaksin Tetapi Bisa Positif Covid-19? Begini Penjelasan Kemenkes

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 481 2350811 sudah-divaksin-tetapi-bisa-positif-covid-19-begini-penjelasan-kemenkes-56pJMeaHPg.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Pemerintah resmi memulai program vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 13 Januari 2021. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang ragu untuk divaksin. Sebab beredar kabar bahwa seseorang justru akan positif Covid-19 usai divaksin.

Merangkum dari Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @kemenkes_ri, Selasa (26/1/2021) berikut penjelasan mengapa orang yang di vaksin masih bisa terinfeksi Covid-19.

Vaksinasi Covid-19

1. Vaksinasi Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan dan perlu waktu satu bulan untuk ciptakan imunitas.

2. Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respon kekebalan awal. Sementara suntikan kedua untuk menguatkan respon imun.

3. Vaksin membutuhkan waktu 14-28 hari setelah penyuntikan kedua, untuk membangun jumlah antibodi yang optimum supaya memberikan perlindungan yang maksimal.

“Vaksin Sinovac adalah vaksin yang berisi virus mati atau inactivated. Jadi hampir tidak mungkin menyebabkan seseorang terinfeksi. Bilamana seseorang dinyatakan positif setelah vaksinasi, artinya sudah terpapar Covid-19 tapi tidak menunjukkan gejala,” tulis Kemenkes.

Baca Juga : Ini Tahapan Vaksinasi Covid-19, Jangan Lupa Terapkan 3M Terus!

Diharapkan masyarakat yang telah divaksinasi akan menjadi reaktif saat melakukan tes antibodi. Sebab dengan status reaktif, artinya kekebalan tubuh telah terbentuk.

Namun setelah divaksin, seseorang wajib untuk menjalankan protokol kesehatan. Sebab selain tetap menjaga diri, masih dibutuhkan waktu bagi seluruh rakyat Indonesia agar bisa mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity).

“Upaya 3M dan 3T serta vaksinasi harus tetap dijalankan secara bersamaan. Dan jangan lupa lakukan vaksinasi dosis kedua,” tulis unggahan tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini