Tips Jaga Kesehatan Mata saat Seharian Bekerja Menatap Laptop

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 481 2350903 tips-jaga-kesehatan-mata-saat-seharian-bekerja-menatap-laptop-Vk93RqW4jM.jpg Ilustrasi bekerja seharian menatap laptop. (Foto: Burst/Unsplash)

SEBAGIAN orang mengeluhkan kesehatan mata yang menurun saat bekerja dari rumah di masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya, mereka bekerja selama seharian penuh dengan menatap layar laptop. Kelelahan mata pun dialami.

Pandemi covid-19 sendiri memang membuat sebagian besar aktivitas masyarakat wajib dilakukan di rumah. Jika sudah begini, laptop, handphone, hingga gawai lainnya menjadi salah satu komponen utama yang diperlukan supaya tetap produktif.

Baca juga: Selain Rawat Kesehatan Mata, Ini Fungsi Retinoid untuk Atasi Masalah Kulit 

Tanpa disadari seseorang melalui waktu sampai berjam-jam lamanya untuk bekerja maupun belajar secara daring. Tentunya hal ini akan membuat tubuh, khususnya mata, menjadi cepat kelelahan.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Satgas Covid-19 @satgascovid-19.id, Selasa (26/1/2021), berikut tips menjaga kesehatan mata saat seharian menatap laptop. Yuk disimak.

Mata. (Foto: Asierromero/Freepik)

1. Pilih posisi paling nyaman

Supaya tetap nyaman dalam melihat laptop atau komputer, atur tempat duduk dan jarak dalam melihatnya. Posisikan laptop sejajar dengan pandangan mata. Ingat untuk atur jarak sekira 40 sampai 50 sentimeter antara mata dengan layar laptop.

Baca juga: Tingkatkan Penglihatan, 6 Cara Ampuh Ini Bisa Kamu Lakukan 

2. Mengatur tingkat pencahayaan layar

Jangan gunakan brightness yang terlalu terang atau gelap. Sebab, mata perlu menyesuaikan cahaya yang masuk ke mata. Cahaya yang silau adalah sumber terbesar kelelahan mata saat menatap komputer.

3. Alihkan pandangan sejenak

Terapkan rumus 20-20-20. Setiap 20 menit menatap gawai, palingkan mata selama 20 detik untuk melihat objek berjarak 20 meter. Jangan lupa mengedipkan mata. Kedipan mata itu penting untuk mengurangi risiko dari mata kering dan iritasi pada mata.

4. Konsumsi makanan sehat

Kelas daring memaksa menggunakan mata secara berlebihan. Jadi seseorang harus merawat mata dengan asupan makanan yang baik, terutama makanan yang mengandung vitamin A. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, sebab makanan ini paling banyak mengandung vitamin yang bermanfaat.

Baca juga: Pernah Alami "Mata Panda"? Hilangkan dengan Cara Ampuh Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini