Kenali 7 Faktor Risiko Kanker Kolorektal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 481 2350960 kenali-7-faktor-risiko-kanker-kolorektal-Gblqu1hDar.jpg Sakit Kanker Kolorektal (Foto: Piedmont)

Penyakit kanker merupakan slaah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Termasuk kanker kolorektal alias kanker usus besar.

Sekira 70 persen faktor penyebab kanker kolorektal dipengaruhi oleh faktor lingkungan termasuk kebiasaan makan, aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol.

Sementara sekira 25% dari kasus kanker kolorektal memiliki kecenderungan genetik, dan 5% dari pasien kanker kolorektal memiliki faktor keturunan yang terkait dengannya perkembangannya.

 Kanker

Konsultan Hematologi Onkologi Medik FKUI-RSCM, Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM, M.Epid, FINASIM, FACP, menjelaskan, kanker kolorektal adalah keganasan yang berasal dari jaringan usus besar, terdiri dari kolon (bagian terpanjang dari usus besar) dan/atau rektum (bagian kecil terakhir dari usus besar sebelum anus).

Kanker kolorektal merupakan jenis kanker ketiga paling banyak pada laki-laki, dan jenis kanker kedua paling banyak pada wanita. Lebih dari 86% pasien yang didiagnosis dengan kanker kolorektal berusia kurang dari 50 tahun dan asimptomatik.

“Secara keseluruhan risiko untuk mendapatkan kanker kolorektal adalah 1 dari 20 orang (5%). Risiko penyakit cenderung lebih sedikit pada wanita dibandingkan pada pria. Banyak faktor lain yang dapat meningkatkan risiko individu untuk terkena kanker kolorektal,” terang dr. Ikhwan, dalam virtual media briefing ‘Apa dan bagaimana personalised medicine dalam kanker kolorektal’, Selasa (26/1/2021).

Beberapa faktor yang dapat memicu kanker kolorektal, yaitu:

1. Usia

Risiko kanker kolorektal akan meningkat seiring bertambahnya usia. Lebih dari 90% kasus kanker kolorektal dialami oleh seseorang berusia 50 tahun atau lebih.

2. Riwayat penyakit

Seseorang dengan riwayat penyakit kanker atau polip kolorektal lebih berisiko terserang kanker kolorektal. Begitu juga seseorang dari keluarga yang pernah mengalami penyakit kanker atau polip kolorektal.

3. Penyakit genetik

Seseorang dengan penyakit yang diturunkan dari keluarga, seperti sindrom Lynch, berisiko tinggi mengalami kanker kolorektal.

4. Radang usus

Kanker kolorektal berisiko tinggi menyerang penderita kolitis ulseratif atau penyakit Crohn.

5. Gaya hidup

Kurang olahraga, kurang asupan serat dan buah-buahan, konsumsi minuman beralkohol, obesitas atau berat badan berlebih, dan merokok meningkatkan risiko kanker kolorektal.

6.Radioterapi

Paparan radiasi pada area perut meningkatkan risiko kanker kolorektal.

7. Diabetes

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini