Sering Santap Makanan Pedas Picu Kanker Usus Besar?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 481 2351139 sering-santap-makanan-pedas-picu-kanker-usus-besar-GleuLNPOFL.jpg Ilustrasi makanan pedas (Foto : Ndtv)

Sebagian besar masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi makanan pedas. Alhasil, tak sedikit dari mereka yang mengalami masalah pencernaan akibat makanan yang terlalu pedas.

Meski terlihat sederhana, namun masalah pencernaan bisa menjadi serius apabila tidak lekas ditangani. Salah satu penyakit pencernaan yang berbahaya adalah kanker kolorektal (KKR) atau biasa disebut dengan kanker usus besar.

Makanan Pedas

KKR adalah keganasan yang berasal dari jaringan usus besar terdiri dari kolon (bagian terpanjang dari usus besar) dan/atau rektum (bagian kecil terakhir dari usus besar sebelum anus).

Baca Juga : Kanker Kolorektal Sering Diketahui saat Stadium Lanjut, Yuk Kenali Gejalanya

Namun, apakah hobi mengonsumsi makanan pedas dapat memicu KKR? Konsultan Hematologi Onkologi Medik FKUI-RSCM, Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM, M.Epid, FINASIM, FACP, mengatakan untuk mengetahui potensinya, maka harus diukur dulu seberapa pedas makanan tersebut.

“Kalau pedas alami mungkin tidak terlalu berpengaruh pada KKR. Jadi yang pasti yang harus diperhatikan adalah alkohol, merokok, itu adalah radikal bebas yang memicu terjadinya perubahan sel,” kata dr. Ikhwan, dalam virtual media briefing ‘Apa dan bagaimana personalised medicine dalam kanker kolorektal’, Selasa (26/1/2021).

Menurutnya apabila dengan mengonsumsi makanan pedas, dapat memicu sel seseorang untuk berubah, maka kemungkinan dapat berpotensi menyebabkan KKR. Namun, kesimpulan ini baru bisa terbukti dengan penelitian lebih lanjut.

“Tapi saat ini belum ada data yang meneliti hal itu. Jadi perlu pengujian yang lebih mendalam tentang makanan pedas yang bisa menyebabkan KKR. Yang jelas perbanyak makan buah dan sayur, kurangin makanan berlemak dan daging serta makanan yang diolah dengan suhu tinggi,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini