Alami Kulit Kering? Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 481 2351162 alami-kulit-kering-ini-6-hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-kkiyP7GGrs.jpg Ilustrasi kulit kering di tangan. (Foto: Prevention)

KULIT kering bisa dialami siapa saja. Kondisi ini terkadang menjadi lebih buruk selama musim dingin atau hujan. Kulit kering pun membutuhkan perawatan lebih dari biasanya pada musim ini. Pasalnya, kulit kering lebih rentan mengalami keretakan, bersisik, pecah-pecah, dan kasar.

Kulit kering terjadi karena kurangnya kelembapan. Sementara udara musim dingin atau hujan yang kering menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya dari lapisan atas, dan akhirnya menyebabkan kekeringan.

Baca juga: Mengenal 6 Jenis Serum Kulit Wajah, Atasi Kerutan hingga Jerawat 

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan memerhatikan hal-hal tertentu jika mengalami kulit kering. Tidak semuanya boleh dilakukan terhadap kulit kering.

Apa saja hal-hal terlarang itu? Berikut ini enam di antaranya, seperti dikutip dari Healthsite, Selasa (26/1/2021).

Ilustrasi kulit kering.

1. Berhenti membersihkan wajah secara berlebihan

Membersihkan wajah dalam rutinitas perawatan kulit apa pun memang penting. Tetapi jika dilakukan terlalu sering atau banyak dapat menyebabkan kulit jadi makin kering, terutama bagi seseorang yang memiliki kulit kering. Pastikan Anda mencari pembersih yang lembut dan bagus untuk kulit kering. Para ahli merekomendasikan untuk membersihkan kulit hanya dua kali sehari dan hindari kulit terkena terlalu banyak bahan kimia.

2 Jangan gunakan air panas

Mandi air panas memang dapat menenangkan dan menghangatkan tubuh saat musim dingin atau hujan. Tetapi, ini tidak begitu baik untuk kulit wajah Anda. Mandi dengan air yang terlalu panas bagi tubuh dapat menghilangkan minyak esensial kulit Anda. Lebih baik membersihkan tubuh dengan air hangat.

Baca juga: Hujan Petir Diprediksi Melanda Sebagian Jakarta di Siang dan Sore Hari

3. Hentikan eksfoliasi berlebih

Seseorang dengan kulit kering mungkin tidak dapat menangani eksfoliasi setiap hari. Anda harus memerhatikan bagaimana kulit bereaksi terhadap pengelupasan. Orang yang memiliki kulit kering disarankan melakukan eksfoliasi hanya sekali atau dua kali seminggu.

4. Lupa menggunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya adalah perlindungan sepanjang tahun yang diperlukan untuk kulit Anda. Menurut Food and Drug Administration, Anda harus memakai SPF 15 atau lebih tinggi untuk menghindari masalah kulit. Pilih saja tabir surya ringan.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Kerusakan Kulit saat Stres 

5. Tidak tepat gunakan pelembap wajah

Carilah pelembap yang mengandung ceramide yang membentuk pelindung pada kulit Anda dan mencegah hilangnya kelembapan. American Academy of Dermatology merekomendasikan bahwa waktu terbaik untuk melembapkan wajah adalah sebelum mengeringkan wajah. Ini dapat membantu mengunci hidrasi.

6. Tidak minum cukup air

Tidak minum cukup air dapat menghilangkan nutrisi dan kelembapan esensial kulit yang menyebabkan masalah. Pastikan Anda minum cukup air, juga makan buah dan sayur yang tinggi kandungan air seperti tomat, ketimun, jeruk, nanas, dan lain-lain.

Baca juga: Jus Kentang Punya Banyak Khasiat untuk Kulit Tubuh, Termasuk Redakan Eksim 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini