Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Pastikan Penanganan Pandemi Lebih Baik

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 23:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 481 2351346 kasus-covid-19-tembus-1-juta-menkes-pastikan-penanganan-pandemi-lebih-baik-8awzvqzBNh.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube Sekretariat Negara)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berduka atas angka kasus covid-19 tembus 1 juta pada Selasa 26 Januari 2021. Ya, hari ini Indonesia menjadi negara nomor 1 di Asia Tenggara yang paling terdampak pandemi virus corona. Kasus konfirmasi positif totalnya 1.012.350 dengan penambahan kasus harian sebanyak 13.094.

Angka kesembuhan harian pun tercatat paling tinggi dari sebelumnya yaitu 10.868 orang dengan total 820.356 kasus. Sementara itu, ada 336 orang dinyatakan meninggal dunia akibat covid-19 hari ini, sehingga total kasus kematian sebanyak 28.468.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Jepang Gencar Tracing Kelompok Berisiko 

"Ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia, atas angka 1 juta kasus ini," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin di Istana Negara, seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Negara, Selasa (26/1/2021).

Angka 1 juta kasus ini sekaligus momen bagi Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kinerja. Menkes Budi pun mengatakan tidak bisa Kemenkes bekerja sendiri, perlu adanya bantuan dari seluruh kelompok masyarakat untuk mengatasi pandemi covid-19.

"Harapannya jelas, supaya kasus covid-19 dapat ditangani, bahkan bisa hilang dari Indonesia," terangnya.

Baca juga: Banyak Pasien Covid-19 Sebut Makanan Terasa seperti Kertas 

Lalua apa yang akan dilakukan Kemenkes setelah 1 juta kasus ini?

Menkes Budi menjelaskan bahwa dirinya mendapat banyak sekali masukan dari para ahli epidemiologi. Saran mereka untuk mengatasi pandemi ini yaitu mengurangi laju penularan dari virus itu sendiri, sehingga fasilitas kesehatan tidak berat bebannya.

"Kemudian kami memiliki waktu yang lebih banyak untuk merespons virus ini, dan kami secara bertahap mengurangi virus ini sampai Insya Allah suatu saat kita bisa menghilangkan virus ini," tegasnya.

Satu hal penting, lanjut dia, bagaimana bisa mengurangi laju penularan virus dan untuk itu ada dua hal yang harus dilakukan bersama secara ekstra. Pertama, diimbau untuk semua orang sangat disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Ini sangat susah dan ini tak bisa dilakukan seorang diri oleh pemerintah tanpa bersama-sama rakyat seluruh komponen rakyat membangun gerakan disiplin ini," ucapnya.

Baca juga: Waspada! Mutasi Covid-19 Varian Inggris Ditemukan di Filipina 

"Kehidupan sekarang sangat berbeda. Karena itu, kita harus mengingatkan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ini satu hal utama yang harus dilakukan untuk mengurangi penularan virus ini," tambahnya.

Kedua, melakukan testing, tracing, dan isolasi mandiri. "Ini tanggung jawabnya ada di Kementerian Kesehatan untuk memastikan bahwa program testing dari rakyat yang diduga terkena covid-19 agar kita bisa mengidentifikasi dan mengurangi laju penularan," katanya.

Baca juga: Satgas Covid-19 Izinkan Penggunaan GeNose bagi Penumpang Kereta Api Jarak Jauh 

Kemenkes juga akan melakukan pelacakan terhadap kontak erat dari yang sudah positif lebih giat. Lalu yang tak kalah penting adalah menyediakan tempat isolasi yang nyaman agar pasien covid-19 bisa sembuh selagi tak menulari orang lain.

"Kemenkes akan bekerja sangat keras untuk memastikan testing, tracing, dan isolasi bisa kita lakukan dan dieksekusi dengan baik," janjinya.

Di momen ini Menkes Budi juga menyatakan bahwa dirinya percaya rakyat Indonesia memiliki modal sosial yang sangat besar untuk bisa melakukan hal tersebut bersama-sama. "Kalau seluruh modal sosial sudah bersatu, saya yakin apa pun masalahnya bisa diatasi bersama," ucap Menkes Budi.

"Semoga Indonesia saat ini lebih baik dari Indonesia masa lalu, dan semoga Indonesia di masa depan akan lebih baik dari Indonesia di masa kini," harapnya.

Baca juga: Negara Ini Kewalahan Atasi Covid-19 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini