Beautypedia, Apa Itu Maskara?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 611 2351009 beautypedia-apa-itu-maskara-VAzpzb33k6.jpg Pakai maskara agar bulu mata terlihat panjang dan tebal (Foto: Pixabay)

Banyak wanita yang menganggap bahwa menggunakan maskara ketika makeup merupakan sesuatu yang penting. Ini karena maskara dapat menciptakan ilusi di mana bulu mata Anda bisa terlihat lebih panjang dan tebal dari aslinya.

Meski umumnya Anda menggunakan maskara bernuansa hitam, kini juga telah banyak dipasarkan jenis warna lain seperti biru, ungu, dan lain sebagainya. Mengingat fungsinya yang begitu menarik, sebenarnya apa sih maskara itu?

 maskara

Melansir Mamabella UK, maskara pertama kali ditemukan oleh Maybelline pada tahun 1872 menggunakan kombinasi Vaseline dan arang. Saat ini, bahan yang digunakan untuk membuat maskara lebih rumit daripada menggosok arang dalam Vaseline, tetapi resep umum untuk maskara relatif sederhana.

Kebanyakan maskara mengandung pigmen, polimer, bahan pengental dan pengawet. Ini karena tujuan maskara adalah untuk menggelapkan, memanjangkan dan menebalkan bulu mata Anda.

Pigmen digunakan untuk memberi warna pada bulu mata Anda. Pigmen cenderung menjadi karbon hitam atau oksida besi jika terdapat pigmen berwarna coklat. Karbon hitam adalah bentuk karbon murni dalam bubuk atau pelet, dan diproduksi di laboratorium menggunakan bahan bakar yang tidak sempurna.

Peran polimer adalah untuk melapisi setiap bulu mata dan membuatnya lebih kaku, sekaligus membuatnya lebih panjang, itulah yang membuat maskara lengket.

Ini cenderung berupa ceresin, gum tragacanthin, atau metil selulosa yang merupakan polimer nabati yang menempel satu sama lain dan pada bulu mata Anda.

Bahan pengental yang membuat bulu mata lebih bervolume, cenderung berupa lilin atau minyak, seperti lilin lebah, parafin, carnauba, lilin atau wijen, kayu putih, atau minyak lainnya. Kemudian Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan maskara tahan air (waterproof) atau non-tahan air.

Bagaimana cara kerja maskara waterproof?

Maskara tahan air bersifat hidrofobik, artinya mereka menolak air dan tidak larut di dalamnya, sedangkan maskara non-tahan air adalah kebalikannya, mereka menarik air dan mudah larut.

Minyak sangat hidrofobik, jadi sebagian besar maskara tahan air akan mengandung banyak lilin atau minyak dibandingkan produk berbahan dasar air yang tidak mengandung minyak.

Bagian penting lainnya dari maskara bukanlah terbuat dari apa, tetapi bagaimana cara mengaplikasikannya, di situlah bentuk aplikator atau tongkatnya bekerja.

Ada tiga bentuk aplikator utama di sebagian besar maskara, dengan bentuk klasik, meruncing dan melengkung. Anda akan mendapatkan tongkat klasik yang tipis untuk panjang versus tongkat tebal, tergantung dengan jenis maskara yang Anda beli.

Biasanya, maskara dipasarkan dengan ketiga aplikator tersebut karena mereka menerapkan volume maskara yang lebih besar ke setiap bulu mata, membuatnya tampak lebih tebal.

Jenis aplikator atau tongkat yang Anda gunakan sangat penting untuk memastikan maskara apa pun yang Anda gunakan diterapkan secara merata dan melapisi bulu mata Anda dengan benar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini