Bangkit Usai Bercerai, Begini 5 Caranya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 612 2351113 bangkit-usai-bercerai-begini-5-caranya-Zq6Z6q4cgq.jpg Bercerai (Foto: Istock)

Bercerai memang membawa emosi keputusasaan dan kehancuran orang yang menikah. Meskipun bercerai sangat menyedihkan dan membuat putus asa, namun sudah saatnya Anda bangkit kembali.

Memang perceraian dapat membuat seseorang terkuras secara emosional dan fisik. Namun pada akhirnya, mereka akan sadar bahwa mungkin ini jalan yang terbaik. Melansir Times of India, berikut cara bangkit dari putus asa usai bercerai.

 traveling

1. Lakukan hal Anda sukai

Setelah Anda melalui perceraian, Anda akan menemukan diri Anda sendiri, tanpa dukungan mantan pasangan Anda dan akhirnya bebas untuk melakukan apapun yang Anda sukai tanpa harus mendengar ocehan mantan pasangan. Misalnya saja pergi solo traveling yang seru!

Anda akan mengalami kebahagiaan tertentu dari pembebasan dan penerimaan situasi baru di sekitar Anda. Anda harus mengambil setiap peran dan tanggung jawab sendiri dan mengatasinya.

2. Fokus pada pekerjaan

Mendapatkan pekerjaan baru yang seru atau mengejar kembali karir Anda adalah langkah yang bagus. Apalagi Anda juga harus ingat bahwa Anda tidak akan mendapatkan dukungan finansial dari mantan pasangan, makanya Anda harus mengamankan ekonomi Anda.

3. Kembali bergaul dengan teman dan keluarga

Orang-orang terdekat Anda seperti keluarga dan teman akan selalu ada untuk Anda pada saat dibutuhkan, untuk memberi Anda bahu untuk menangis dan mendukung, terutama setelah perceraian.

Anda dapat merencanakan untuk melakukan perjalanan dengan mereka karena itu akan menyegarkan pikiran Anda dan memberi Anda waktu untuk dihabiskan dengan orang yang Anda cintai. Di tengah perceraian, Anda mungkin tidak dapat berkomunikasi dengan mereka, jadi, sekaranglah waktu terbaik untuk melakukannya.

4. Buat jurnal pengalaman Anda

Menulis jurnal adalah praktik yang bagus untuk para korban perceraian yang berjuang untuk menyesuaikan diri dengan situasi mereka. Ini bisa menjadi waktu yang sulit, seseorang bahkan mungkin kehilangan individualitasnya di tengah kesedihan dan kehilangan.

Namun, menulis setiap hari di jurnal tentang pengalaman Anda pasti akan membuat Anda lebih bijak dan memberi Anda wawasan tentang diri Anda yang belum pernah Anda miliki.

5. Bertemu seseorang

Bukanlah ide yang buruk untuk mempertimbangkan prospek pernikahan sekali lagi. Namun jangan lakukan buru-buru. Ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah pulih dari luka akibat perceraian!

Jika Anda belum sepenuhnya pulih, Anda bisa menyibukkan diri membangun hubungan kembali dengan teman-teman lama yang dulu menjauh, atau teman-teman baru. Bahkan Anda bisa berkencan kembali agar lebih happy!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini