Kenali 3 Jenis Jerawat di Tubuh, Anda Alami yang Mana?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 612 2351184 kenali-3-jenis-jerawat-di-tubuh-anda-alami-yang-mana-gylru8BQOz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT memang sangat mengganggu penampilan, bahkan mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, kesehatan kulit pun menjadi sangat rentan karena dapat memicu penyakit lainnya.

Salah satu faktor terjadinya jerawat adalah menumpuknya sebum, atau minyak berlebih yang tercampur kotoran sehingga berakibat menyumbat pori-pori.

Tapi tahukah Anda, bahwa jenis jerawat berbeda-beda. Apa saja? Berikut seperti dilansir dari laman Times of India.

Bakteri Jerawat

Bakteri jerawat muncul dalam berbagai ukuran, benjolan, nodul, kista, komedo dan komedo putih. Hal ini disebabkan ketika sebum berlebih menyumbat folikel rambut di kulit Anda. Ketika bakteri mulai tumbuh di folikel ini, akhirnya menciptakan komedo atau komedo putih di permukaan kulit.

jerawat

Biasanya akan mengalami jerawat bakteri di wajah, terutama zona-T dan leher. Untuk mengatasinya, Anda dapat memasukkan aplikasi topikal dari bahan aktif seperti retinol, benzoyl peroxide dan asam salisilat.

Folikulitis

Folikulitis pada dasarnya adalah peradangan pada folikel rambut. Penyebab terbesar dari jenis jerawat ini, yaitu waxing dan menggunakan alat cukur. Anda akan menemukan bentuk seperti nanah yang mendidih di sekitar folikel rambut di beberapa bagian tubuh.

Paling sering folikulitis terjadi pada lengan, punggung dan kaki. Untuk itu konsultasikan dengan dokter kulit Anda yang biasanya akan memberikan resep pembersih dan topikal antibakteri yang mencegah infeksi semacam itu.

Jerawat Jamur

Jerawat jamur muncul karena Malassezia yang secara umum merupakan jamur penyebab ketombe. Anda akan melihat jerawat jamur di bagian atau area komedo tertutup kecil dengan komedo putih di bawahnya. Benjolan kecil ini muncul dalam kelompok dan bukan hanya satu atau dua. Dan akan menimbulkan rasa gatal.

Dalam situasi tertentu, di mana tubuh Anda tidak dapat menjaga keseimbangan Malassezia, jerawat jamur memproduksi berlebihan. Jenis jerawat ini lebih sering muncul di dahi, bahu, punggung dan leher.

Untuk mengatasinya, gunakan sabun mandi atau sampo anti jamur supaya menghilangkan jamur. Hindari memakai pakaian berkeringat, ganti pakaian olahraga, cuci muka, dan mandi dua kali setelah selesai berolahraga

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini