Tips Simpan Tepung Supaya Awet, Bisa Tahan Bertahun-tahun Lho

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 298 2351713 tips-simpan-tepung-supaya-awet-bisa-tahan-bertahun-tahun-lho-5ftIVO2mpr.jpg Tepung bisa tahan lama jika disimpan dengan benar. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

ADA banyak jenis tepung yang tersedia di toko bahan makanan, bahkan pusat perbelanjaan. Di antaranya tepung terigu, tepung olahan, tepung ragi, dan tepung gandum. Tentu semuanya memiliki kegunaan dan berbahan dasar berbeda.

Jika Anda suka memasak camilan manis seperti roti, kue, brownies, kukis, dan lainnya, pasti akan lebih sering menggunakan tepung untuk mengolahnya. Maka itu, biasanya Anda akan memiliki stok tepung yang banyak.

Baca juga: Mau Bikin Kue Kehabisan Tepung? Ini Cara Menyiasatinya 

Tetapi, bisakah tepung kedaluwarsa? Semua jenis dan bahan makanan pasti memiliki batas waktu penggunaan. Namun untuk tetap menjaga kesegaran tepung, Anda bisa menggunakan teknik penyimpanan yang tepat.

Seperti dirangkum dari Times of India, Rabu (27/1/2021), berikut ini tips menyimpan tepung supaya tahan lama.

Tepung.

1. Simpan di tempat kedap udara

Pindahkan tepung ke wadah kedap udara atau logam dengan penutup yang tepat untuk menjauhkan dari serangga. Anda juga bisa memasukkan 3 sampai 4 lembar daun salam ke dalam wadah untuk menjauhkan dari serangga atau menaburkan beberapa cengkih di sekitar wadah di rak dapur. Jika Anda membeli tepung dalam jumlah banyak, bisa memindahkannya ke dalam kantong plastik kedap udara dan membekukannya.

Baca juga: Mengaku Sudah Kenal Gisel, Karen Nijsen: Baik Banget

2. Simpan di freezer

Umur penyimpanan tepung tergantung cara Anda menyimpannya. Jika disimpan dengan benar, tepung akan mudah bertahan 6 sampai 8 bulan pada suhu kamar. Anda bisa menjaga tepung tetap segar hingga 1 tahun di lemari es dan sampai 2 tahun di freezer.

3. Kenali ciri tepung yang sudah kedaluwarsa

Cara terbaik untuk memeriksa kesegaran tepung adalah dengan menciumnya. Tepung segar akan selalu memiliki wangi yang netral, sedangkan yang kedaluwarsa akan memiliki bau apek atau anyir. Anda juga bisa mengecek penampilan tepung. Jika tepung menangkap kelembapan, maka akan membentuk gumpalan dan jamur yang mudah dikenali.

Baca juga: Cegah Obesitas, Hindari Konsumsi Tepung dan Makanan Manis 

Tepung. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini